[SALAH] Pesan Berantai “Telah berpulang Ibu Hj Sinta Nuriyah, (istri Alm Gus Dur) Kamis 19 Agustus 2021 11.30 WIB”

Informasi PALSU. FAKTANYA, berdasarkan klarifikasi pada hari dan tanggal yang sama di siang hari oleh pihak keluarga, Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid dalam keadaan sehat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten Palsu.

SUMBER: Pesan berantai WhatsApp.

NARASI: “Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun.
Telah berpulang ke Rahmatullah Ibu Hj Sinta Nuriyah, (istri Alm Gus Dur). Pada hari ini, Kamis 19 Agustus 2021 +/- Jam 11.30 WIB.
Semoga Almarhumah menghadap Sang Khaliq dengan husnul khotimah dan mendapatkan tempat yang se baik- baiknya nya di sisi Allah SWT. Aamiin YRA Al FatihahšŸ¤²”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk ā€œKonten Palsu: Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan”. [1]

Klarifikasi pada siang hari oleh pihak keluarga, FAKTANYA Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid dalam keadaan sehat, sehinggai informasi yang dibagikan oleh SUMBER adalah informasi PALSU.

Beberapa Sumber Klarifikasi

detikNews: “Jakarta – Beredar pesan berantai yang mengabarkan istri presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah Wahid, meninggal dunia. Kabar itu dipastikan hoax dan tidak benar.” [2]

Hasil pencarian di Anti-Hoax Search Engine (ASE) di aplikasi Hoax Buster Tools (HBT), kata kunci: “sinta nuriyah meninggal”. [3]

Hasil pencarian Google (News), kata kunci: “sinta nuriyah meninggal”. [4]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Klarifikasi dari pihak keluarga,

* Anita Wahid di Facebook [4] dan Twitter. [5]

* Alissa Wahid. [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: ā€œMemahami gangguan informasiā€, https://bit.ly/3gvztci (Google Translate) / https://archive.st/pabo (arsip cadangan).

[2] news.detik.com: “Kabar Meninggal Hoax, Sinta Nuriyah Wahid dalam Kondisi Sehat”, https://bit.ly/3y3uvcc / https://archive.md/fdgm0 (arsip cadangan).

[3] play.google.com: “HBT – Hoax Buster Tools”, http://bit.ly/2A5ifzr.

[4] https://www.google.com/search?q=sinta+nuriyah+meninggal&tbm=nws, https://bit.ly/3mjqDC0 / https://archive.md/AndFe (arsip cadangan).

[4] facebook.com, https://bit.ly/3k8YD13 / https://bit.ly/3mq1khk & https://archive.md/u2QJn (arsip cadangan cetak PDF).

[5] twitter.com, https://bit.ly/3svuM6R / https://archive.md/2EpaJ (arsip cadangan) & Thread Reader, https://archive.md/XpkEa (arsip cadangan).

[6] twitter.com, https://bit.ly/3meHh5H / https://archive.md/gMGZm (arsip cadangan).