[SALAH] Video Mata Manusia di bawah Mikroskop

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, video tersebut merupakan hasil CGI karya seorang seniman bernama Frank J. Guzzone yang ia unggah melalui akun Instagram pribadinya (@fjg_3d) pada 19 September 2019.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/lticW

====

Narasi:

“The human eye under a microscope.👁🔬🧐”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Biology Science (@viralbiology) mengunggah cuitan berupa video disertai dengan narasi yang menyebutkan bahwa video tersebut adalah mata manusia di bawah mikroskop. Cuitan tersebut mendapat atensi sebanyak 436 retweet, 2.171 suka, dan 42 balasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, video cuitan itu bukanlah video sesungguhnya. Video tersebut merupakan hasil karya seorang seniman 3D bernama Frank J. Guzzone. Hasil karyanya diunggah Guzzone melalui akun Instagram pribadinya (@fjg_31) pada 19 September 2019. Selain itu, klaim palsu tersebut sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Interesting Engineering berjudul “No, Your Eye Doesn’t Look Like This Under Microscope” yang terbit pada 24 Desember 2019.

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Twitter Biology Science (@viralbiology) dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

====

Referensi:

https://www.instagram.com/p/Bn6Ov7NBPPR/

https://interestingengineering.com/no-your-eye-doesnt-look-like-this-under-microscope

Editor: Bentang Febrylian