[SALAH] Presiden Vladimir Putin Mainkan Lagu Indonesia Raya dengan Piano

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, video tersebut merupakan hasil suntingan dari video Putin yang membawakan lagu ‘Moscow Windows’ dan ‘City over the Wide Neva’ dengan piano dalam rangka bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada 14 Mei 2017.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/VGlsW

====

Narasi:

โ€œRUSIA luarbiasa ๐Ÿ‘ memandang Indonesia Sahabat Sejati. Presiden RUSIA Veladimir Putin Membawakan lagu Indonesia Raya dng Grand Pianonya utk menyambut Kemerdekaan RI ke 76โ€ฆ ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘โ€

====

Penjelasan:
Akun Twitter @Bang Arman .ู…ุญู…ุฏ ุดุฑู…ุงู† ุซูŠูƒ (@lokabes1) mengunggah cuitan berupa video Presiden Rusia Vladimir Putin yang membawakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan piano untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-76. Cuitan tersebut diunggahnya tanggal 15 Agustus 2021.

Berdasarkan hasil penelusuran, video cuitan itu adalah video hasil suntingan. Video asli Putin bermain piano diunggah oleh kanal YouTube Ruptly pada 14 Mei 2017. Diketahui Putin membawakan lagu ‘Moscow Windows’ dan ‘City over the Wide Neva’ saat menunggu untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, Minggu 14 Mei 2017.

Informasi yang sama juga sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] โ€œPresiden Rusia (Putin) main piano lagu kebangsaan RI bentuk ucapan utk Jokowi..LUAR BIASAโ€ yang terbit pada 21 Oktober 2019.
Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Twitter @Bang Arman .ู…ุญู…ุฏ ุดุฑู…ุงู† ุซูŠูƒ (@lokabes1) dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

====

Referensi:

Editor: Bentang Febrylian