[SALAH] Akun WhatsApp Wakil Bupati Ponorogo Menggalang Donasi untuk Anak-Anak Yatim Piatu

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita telah menegaskan bahwa nomor tersebut adalah bukan miliknya. Lisdyarita juga menjelaskan bahwa ia tidak pernah melakukan penggalangan donasi tersebut.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: WhatsApp

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun WhatsApp Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita. Akun WhatsApp tersebut menggunakan nomor 0896523634727 serta nama dan foto Lisdyarita. Akun tersebut juga melakukan komunikasi ke beberapa pihak untuk meminta sumbangan yang akan disalurkan kepada anak-anak yatim piatu.

Melansir dari TribunNews, Lisdyarita menegaskan bahwa nomor yang digunakan oleh akun tersebut adalah bukan miliknya. Lisdyarita juga menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah melakukan penggalangan donasi tersebut. Lebih lanjut, Lisdyarita mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati jika menerima pesan yang menawarkan hadiah atau meminta sumbangan yang mengatasnamakan pejabat daerah.

Dengan demikian, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://surabaya.tribunnews.com/2021/08/07/nama-wabup-ponorogo-lisdyarita-dicatut-penipu-via-whatsapp-untuk-minta-sumbangan

Waspada, Penipuan Melalui Whatsapp Atas Nama Wabup Lisdyarita

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian