[SALAH] Akun Twitter Akulaku

Hasil periksa fakta Rahmah an nisaa (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Akun tersebut palsu. Pihak Akulaku melalui akun Twitter resminya menyatakan bahwa Akulaku hanya memiliki akun Twitter resmi yang bercentang biru dan tidak meminta data pribadi, serta tidak memiliki customer service via Whatsapp.

Selengkapnya ada di penjelasan!

=====

[KATEGORI]: Konten Tiruan / Imposter Content

=====

https://archive.md/ZAwJG

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah akun Twitter Akulaku bernama “@Akulaku__id”. Terlihat akun tersebut baru bergabung pada April 2021. Akun tersebut membalas keluhan warganet, kemudian diarahkan ke live chat Whatsapp dengan nama Edi Gunawan meminta data pribadi seperti foto ATM, foto KTP, dan nomor telepon.

Menanggapi hal tersebut, pihak Akulaku memberikan klarifikasi melalui akun resmi Twitter Akulaku yang bercentang biru @akulakuid. Pihak Akulaku menyatakan bahwa tidak pernah meminta data pribadi dan tidak ada customer service via Whatsapp.

Berikut klarifikasi lengkap oleh @akulakuid:

“Akulaku nggak ada CS via WA. Mohon hati-hati ya, jangan ngasih data pribadi kesiapapun👌” tulis Akulaku dalam akun resmi Twitternya pada 03 Agustus 2021 saat membalas keluhan warganet.

Dijelaskan pula bahwa Akulaku hanya memiliki akun Twitter resmi yang sudah terverifikasi , yakni @akulakuid yang sudah bercentang biru. Pihak Akulaku turut mengimbau warganet untuk lebih berhati-hati dan turut meminta di report, serta menyarankan untuk menghubungi call center resmi 1500920.

Dapat disimpulkan bahwa akun Twitter @Akulaku__ id merupakan akun palsu yang mengatasnamakan Akulaku, dan masuk dalam hoaks dengan kategori konten tiruan atau imposter content.

=====

REFERENSI: