[SALAH] Sule Meninggal Dunia

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Artikel yang berisikan kecelakaan Sule ternyata diambil dari sebuah artikel dari tahun 2016 yang dimodifikasi.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/VELG1

https://archive.vn/P2Y2C

= = = = =

NARASI:

“Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya 😭 Akang Sulle, InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Entеrtаіnmеnt”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar informasi dari akun Facebook Puspa berupa sebuah narasi disertai link artikel dengan klaim bahwa Sule meninggal dunia akibat kecelakaan. Postingan ini disukai sebanyak 134 kali, dikomentari 29 kali, dan disebarkan kembali 924 kali.

Berdasarkan penelusuran pada artikel tersebut, isi dari artikel itu serupa dengan artikel dari sindonews.com yang berjudul “Innalilahi.. Yuni Sarah Tewas Terseret Truk Tangki Minyak” yang dipublikasi pada 12 Oktober 2016 dengan merubah nama korban sebenarnya Yuni Sarah menjadi Sule Wantile dan menghapus detil tanggal kejadian dari artikel tersebut. Sule sendiri membantah melalui akun Tiktok @ferdinansuleprikitiw.

“Ada yang bilang Sule teh meninggal dunia ceunah ya. Tapi, tidak apa-apa biar panjang umurnya didoakeun ku Eceu,” kata Sule.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim Sule meninggal dunia adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://daerah.sindonews.com/berita/1146744/190/innalilahi-yuni-sarah-tewas-terseret-truk-tangki-minyak

https://www.suara.com/news/2021/08/03/095442/cek-fakta-benarkah-komedian-sule-meninggal-dunia