[SALAH] Akun WhatsApp Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Bukan akun WhatsApp milik Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati. Tri menegaskan bahwa nomor tersebut adalah bukan miliknya.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Assalamualaikum.wr.wb

Maaf apa betul saat ini saya sdg terhubung dgn pengurus masjid Imam syafi,i

Perkenalkan sy ibu Tri yuli setyowati mewakili dari pemkab kab blora

Tujuan sy menghubungi terkait pembagian donasi dari pemkab kab blora dan di tujukan ke tempat ibadah khususnya yg masih masuk wilayah kab blora”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun WhatsApp Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati yang menggunakan foto profil serta nama Tri Yuli. Akun tersebut kemudian melakukan komunikasi dengan beberapa pengurus masjid untuk kepentingan pembagian donasi dari Pemerintah Kabupaten Blora.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun tersebut bukan merupakan akun WhatsApp milik Tri Yuli. Melansir dari Liputan6, Tri Yuli melalui fitur status WhatsApp menegaskan bahwa nomor yang digunakan oleh akun WhatsApp tersebut adalah bukan miliknya. Tri Yuli juga meminta warga untuk tidak menanggapi pesan dari nomor tersebut.

Dengan demikian, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://radarkudus.jawapos.com/read/2021/07/31/279261/awas-penipu-catut-nama-wakil-bupati-blora

https://www.liputan6.com/regional/read/4618309/hati-hati-ada-pesan-wa-catut-nama-wakil-bupati-blora-ingin-kasih-bantuan-ke-tempat-ibadah

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-pesan-berantai-dari-wabup-blora-beri-donasi-untuk-tempat-ibadah-1wDiqOaH5xQ/full

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian