[SALAH] Foto Josephine Myrtle Corbin

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Orang yang berada dalam foto tersebut bukanlah Josephine Myrtle Corbin, namun Ashley Braistle.

= = = =

KATEGORI: false context atau konteks yang salah

= = = =

SUMBER:
Instagram
https://archive.fo/0g1fq

= = = =

NARASI:

“Josephine Myrtle Corbin lahir pada tanggal 12 Mei 1868 yang menderita penyakit dipygus. Dipygus adalah kondisi yang membuat para penderitanya memiliki anggota tubuh tambahan.

Jika pada umumnya manusia memiliki 2 kaki saja namun berbeda dengan Corbin yang mempunyai 4 kaki dan kelamin ganda

Dua kaki tambahan tersebut adalah milik dari kembaran Corbin yang menempel. Tapi dari semua anggota tubuhnya, kaki kembarannya ini tak bisa ia kendalikan.

Keunikan wanita ini membuatnya mengikuti sirkus dan atraksi di masa itu. Dari penampilannya ia mampu menghasilkan sekitar 450 US Dollar.

Kabarnya Corbin telah menikah dengan James Clinton Bicknell dan memiliki 4 anak namun 4 diantaranya meninggal dunia.

Corbin diketahui meninggal dunia pada 6 Mei 1928, setelah mendapat perawatan intensif menggunakan antibiotik.”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi pada akun Instagram jevuska yang memperlihatkan foto seseorang yang memiliki empat kaki. Dalam unggahan tersebut, orang yang berada dalam foto diklaim sebagai Josephine Myrtle Corbin.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Orang yang ada dalam foto tersebut adalah Ashley Braistle, yang mana ia tidak memiliki empat kaki. Bagaimanapun, orang yang bernama Josephine Myrtle Corbin memanglah seseorang yang memiliki empat kaki. Josephine lahir pada 1868 dengan kondisi anomali janin yang langka yang diketahui sebagai dipygus, sehingga membuatnya terlahir dengan empat kaki.

Dengan kondisi tersebut, Josephine pernah bekerja di tempat pertunjukan sirkus. Hal ini membuat beberapa pertunjukan mencari orang dengan kondisi serupa untuk mengisi acara di tempat sirkus mereka. Dikarenakan kondisi dipygus merupakan kondisi yang langka, maka beberapa orang menggunakan trik berupa penggunaan kaki tambahan, dan hal inilah yang membuat Ashley terlihat seperti memiliki empat kaki.

Dengan demikian, foto yang diunggah oleh akun Instagram jevuska tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.bizzarrobazar.com/en/2018/06/19/myrtle-la-ragazza-con-4-gambe/
  2. https://www.snopes.com/fact-check/josephine-myrtle-corbin-4-legged-girl/

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian