[SALAH] Akun Facebook Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang Meminta 6 Digit Kode OTP WhatsApp

Bukan akun Facebook milik Wakil Bupati Kutai Timur. Kasmidi Bulang sendiri telah menegaskan melalui akun Facebook pribadinya bahwa akun tersebut adalah bukan miliknya.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

= = = = =

NARASI:

“boleh di msukan grup pertemanan pribadi

sbentar lgi akan ada msuk pesan sms no.6digit dari whatshap grup pertemanan bentuk persetujuan msuk grup pertemanan

klau sdah ada msuk krim blik

apa sdah ada msuk

krim blik dsini”

= = = = =

PENJELASAN:

Sempat beredar sebuah akun Facebook Wakil Bupati Kutai Timur dengan nama pengguna “Kasmidi Bulang”. Akun tersebut melakukan komunikasi dengan beberapa orang melalui fitur Messenger di Facebook untuk meminta nomor WhatsApp. Akun tersebut juga meminta 6 digit kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor tersebut agar dapat dimasukkan ke grup pertemanan pribadi.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun tersebut adalah bukan akun Facebook milik Wakil Bupati Kutai Timur. Kasmidi Bulang sendiri telah menegaskan melalui akun Facebook pribadinya (https://www.facebook.com/kasmidi.bulang.73) bahwa akun tersebut adalah bukan miliknya. Kasmidi mengimbau warga untuk tidak memberikan nomor WhatsApp maupun kode apapun yang diminta. Lebih lanjut, Kasmidi juga meminta warga untuk melaporkan akun tersebut agar dapat diblokir oleh pihak Facebook. Kini, akun Facebook palsu itu sendiri telah dihapus dari Facebook.

Dengan demikian, akun Facebook yang mengatasnamakan Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.facebook.com/kasmidi.bulang.73/posts/863634244510878

https://kaltim.tribunnews.com/2021/07/22/akun-palsu-wakil-bupati-kutim-beredar-di-facebook-modus-baru-penipuan-dengan-minta-nomor-whatsapp

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian