[SALAH] Video “Kejadian td pagi di riau ga boleh sholat berjamaah”

BUKAN peristiwa tadi pagi. FAKTANYA, terjadi pada tahun 2018 dan TIDAK berkaitan dengan sholat berjamaah. Kericuhan terjadi pada aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Kampar, dalam rangka protes mengenai pemenuhan hak tenaga Ruang Tunggu Kehamilan (RTK).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Facebook, https://archive.md/ESfGY (arsip cadangan cetak PDF).

NARASI: “Kejadian td pagi di riau ga boleh sholat berjamaah sungguh biadab aparat itu membabi buta entah apa yg sdah merasuk di alam pikir anak2 PKI”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video peristiwa tahun 2018 dengan menambahkan narasi yang menghubungkan dengan sholat berjamaah berkaitan dengan hari ini adalah hari Idul Adha, sehingga menimbulkan kesimpulan KELIRU.

Verifikasi Video

Salah satu artikel dengan frame video yang identik, Okezone pada 17 Juli 2018: “Aksi kebrutalan anggota Satpol PP Kabupaten Kampar, Riau terekam kamera. Video tersebut beredar luas di media sosial hingga viral dan menuai banyak kecaman warganet. Mereka secara beringas memukuli demonstran yang sedang menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor bupati.” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

detikNews pada 18 Juli 2018: “Video anggota Satpol PP yang mendorong dan menendang pendemo di area kantor bupati jadi perbincangan. Terlihat aksi demo didominasi oleh ibu-ibu dan sejumlah pria. Anggota Satpol PP itu begitu emosi hingga terlibat baku dorong dengan pendemo.” [3]

detikNews pada 18 Juli 2018: “Kasatpol PP Kampar, Hambali membantah soal tudingan adanya tindakan kekerasan yang membuat dua orang pendemo jatuh pingsan. Walau dilaporkan ke polisi, pihak Satpol PP tidak membuat laporan balik.” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi”, https://bit.ly/3gvztci (Google Translate) / https://archive.st/pabo (arsip cadangan).

[2] okezone.com: “Viral Video Kebrutalan Satpol PP Kampar Bubarkan Demo Ibu-Ibu di Kantor Bupati”, https://bit.ly/3hOKOFa / https://archive.md/DtkFJ (arsip cadangan).

[3] news.detik.com: “Viral Video Satpol PP Dorong Brutal Pendemo, Ini Faktanya”, https://bit.ly/3zfxkbb / https://archive.md/oeQUd (arsip cadangan).

[4] news.detik.com: “Satpol PP Kampar Riau Bantah Pukul Pendemo”, https://bit.ly/3ix5oc2 / https://archive.md/WsFxh (arsip cadangan).