[SALAH] Video Rombongan WNA di Bandara Soekarno-Hatta

Hasil periksa fakta Rahmah an nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, video tersebut merupakan WNA China yang hendak keluar dari wilayah Indonesia dengan menggunakan pesawat carter keberangkatan Manado-Jakarta- Nanning (China) pada Juni 2020.

Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =

SUMBER: Helo
https://archive.md/gMJIf

= = = = =
NARASI:
“Tuh, warga negara asing. Iya. Parah banget ya. Lagi corona gini, lagi ketat-ketatnya corona, pada dateng semua ke jakarta. Liat tuh, banyak banget. Lagi sepi, keluar dia orang,”

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar sebuah video singkat berdurasi 30 detik menampakkan puluhan Warga Negara Asing (WNA) tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (4/7/2021). Di dalam video tercantum tanggal ketibaan meraka , yakni pada (3/7/2021) pada hari pertama diterapkannya PPKM darurat se-Jawa Bali.

Berdasarkan hasil penelusuran, Kepala Bidang Tikim Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Sam Fernando berujar bahwa video tersebut adalah hoaks. WNA dalam video merupakan WNA asal China yang hendak keluar dari Indonesia pada Juni 2020.

“Setelah dilakukan penyelidikan oleh Bidang Inteldakim Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, didapati fakta bahwa video tersebut terjadi pada Juni 2020,” ungkap Sam saat dikonfirmasi, Minggu (4/7/2021).

Sam mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, penyebaran video mengandung informasi hoaks dapat mengganggu kondisi sosial masyarakat. Apalagi dii Jawa-Bali saat ini tengah menerapkan PPKM darurat mulai 3-20 Juli 2021.

“Guna mencegah kesalahpahaman informasi di masyarakat, diperlukan penyebarluasan fakta sebenarnya terkait video tersebut,” tutur Sam.

Berdasar pada seluruh referensi, video rombongan WNA di Bandara Soetta saat PPKM adalah hoaks dengan kategori false content atau konten yang salah.
= = = = =

REFERENSI:
https://megapolitan.kompas.com/read/2021/07/04/16332391/imigrasi-hoaks-video-rombongan-wna-di-bandara-soekarno-hatta-pada-3-juli?page=all

https://www.tribunnews.com/nasional/2021/07/04/video-tka-asing-masuk-lewat-bandara-soetta-3-juli-imigrasi-itu-hoaks

https://www.tribunnews.com/nasional/2021/07/04/angkasa-pura-ii-pastikan-video-wna-di-bandara-soekarno-hatta-hoaks