[SALAH] SMS Bantuan Dana dari BPJS

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Informasi palsu. BPJS Kesehatan melalui akun Instagram resmi BPJS Kesehatan RI mengklarifikasi bahwa BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan dana apapun seperti yang beredar di pesan SMS maupun chat Whatsapp.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =
SUMBER: SMS


= = = = =

NARASI:
“Peserta BPJS Yth
Anda menerima dana
bantuan,U/info klik link
bit[dot]ly/bpjsind
Masukkan PIN Locked Anda:
557557″
= = = = =

PENJELASAN:
Beredar pesan lewat SMS tentang BPJS Kesehatan yang memberikan bantuan dana dan pada SMS tersebut dicantumkan link beserta PIN.

Setelah ditelusuri pada akun Instagram resmi BPJS Kesehatan, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M. Sc, Ph.D., AAK selaku Direktur Utama BPJS Kesehatan menginformasikan mengenai SMS dan chat Whatsapp dana bantuan BPJS merupakan hoaks. BPJS Kesehatan RI tidak pernah memberikan dana apapun seperti yang beredar di pesan SMS maupun chat Whatsapp.

Infomasi seputar BPJS Kesehatan bisa di akses melalu media sosial resmi BPJS Kesehatan meliputi Facebook, Twitter, Youtube, Tiktok, Instagram, Mobile JKN serta Care Center di nomor 1500 400. Ali Ghufron Mukti juga mengimbau untuk berhati hati terhadap berbagai modus penipuan.

Dengan demikian SMS bantuan dana dari BPJS adalah hoaks dan hal tersebut sudah diklarifikasi oleh Ali Ghufron Mukti selaku Direktur Utama BPJS kesehatan melalui akun Instagram resmi BPJS Kesehatan RI sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CPpPMhZlnTN/?utm_medium=copy_link

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian