[SALAH] Akun Telegram PT Kustodian Sentral Efek Indonesia

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Bukan akun Telegram milik KSEI. Melalui akun Facebook resminya, pihak KSEI telah menegaskan bahwa pihaknya hanya memiliki akun media sosial Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Telegram
https://archive.ph/wEUQX

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun Telegram PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Akun tersebut menggunakan foto profil logo KSEI dan menawarkan investasi reksadana, saham, bitcoin, emas, serta minyak.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun tersebut bukan merupakan akun Telegram milik KSEI. Melalui akun Facebook resminya yang sudah terverifikasi, pihak KSEI telah menegaskan bahwa pihaknya hanya memiliki akun media sosial Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube. Pihak KSEI juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan ke media sosial resmi KSEI jika menemukan akun palsu yang mengatasnamakan KSEI.

KSEI sendiri merupakan lembaga penyimpanan dan penyelesaian di pasar modal Indonesia, sehingga tidak memiliki wewenang untuk menawarkan segala jenis investasi kepada masyarakat atau investor.

Dengan demikian, akun Telegram yang mengatasnamakan KSEI tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.facebook.com/ksei.official/posts/668405497893189

https://www.liputan6.com/saham/read/4592197/hati-hati-ada-penipuan-investasi-catut-nama-ksei-melalui-telegram

https://economy.okezone.com/read/2021/06/24/622/2430549/waspada-ada-penipuan-investasi-catut-nama-ksei

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian