[SALAH] Foto “Erdogan cium tangan joe biden”

BUKAN mencium tangan. Erdogan dan Joe Biden tengah melakukan salam mengepal yang populer selama pandemi Covid-19. Posisi Erdogan yang saat itu sedang duduk membuat Erdogan lebih rendah daripada Joe Biden yang berdiri.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Yanny PriagusAdhi (fb.com/yanny.s.167) pada 16 Juni 2021 mengunggah foto yang memperlihatkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke grup JAWA TENGAH DUKUNG JOKOWI 2 PERIODE UNTUK INDONESIA MAJU dengan narasi sebagai berikut:

“Erdogan cium tangan joe biden serendah itukah turkey trhdab AS. Bgmn follower erdogan disini ?”

Sumber: https://archive.ph/4JuJb (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang diklaim sebagai Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mencium tangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, bukan mencium tangan. Erdogan dan Joe Biden tengah melakukan salam mengepal yang populer selama pandemi Covid-19. Posisi Erdogan yang saat itu sedang duduk membuat Erdogan lebih rendah daripada Joe Biden yang berdiri.

Dilansir dari Medcom, hal itu bisa dilihat dari video singkat yang diunggah akun Twitter @eha_news, 14 Juni 2021. Pada video berdurasi 9 detik itu tampak Biden menghampiri Erdogan yang sedang duduk.

Kemudian Erdogan berdiri dan melakukan salam kepal yang marak dilakukan di masa Pandemi Covid-19. Pada saat Erdogan hendak berdiri sembari bersalaman, tampak seolah Erdogan mencium tangan Biden. Jika benar Erdogan bersalaman, seharusnya bagian wajah Erdogan menempel beberapa detik di bagian tangan Biden. Namun hal itu tidak terjadi walau sedetik.

Pertemuan Erdogan dengan Biden berlangsung di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Brussels, Belgia pada Senin 14 Juni 2021.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ybJOzR6k-cek-fakta-foto-erdogan-cium-tangan-presiden-amerika-joe-biden-ini-faktanya
https://twitter.com/eha_news/status/1404447283589025794

About Adi Syafitrah 1214 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo