[SALAH] Bima Sakti di Atas Kuil Luxor, Mesir

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi tersebut salah. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil dari pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR).

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

===
Kategori: False Context/Konten yang Salah

===
Sumber:
Facebook: https://bit.ly/2TMv5Nc

(arsip sumber)

===
Narasi:
“Bima Sakti di atas Kuil Luxor, Mesir”

===
Penjelasan:
Akun Facebook bernama M Sihombing mengunggah cuitan berupa foto kuil Luxor yang di atasnya terdapat penampakan galaksi pada tanggal 15/06/21. Narasi pada unggahan tersebut menyatakan bahwa terdapat Bima Sakti di atas Kuil Luxor, Mesir.

Dari hasil penelusuran diketahui bahwa klaim dalam narasi tersebut salah. Foto serupa ditemukan di akun Twitter Vesa (@artbyvesa) yang diunggah pada tanggal 12/06/2021. Dilansir dari profil Twitternya, Vesa merupakan seorang pegiat seni, penulis, dan duta seni di @varjodotcom @Sheeshafinance @superworldapp @blockchain_v.

Vesa menjelaskan bahwa foto tersebut merupakan karya seni dari aplikasi @superworldapp. Berikut cuitan lengkap dari akun tersebut”Excited to hear that the @superworldapp gallery built by their amazing team to Luxor temple for me is nearly ready. Soon we start implementing the artworks. #teamsuperworld”

Dilansir dari laman resminya, superworldapp adalah dunia virtual Augmented Reality (AR) yang secara geografis dipetakan ke dunia nyata yang memungkinkan pengguna membuat, menemukan, dan memonetisasi konten AR. AR memungkinkan kita melihat lingkungan kehidupan nyata tepat di depan kita dengan augmentasi digital.

Lebih lanjut, tidak ditemukan laporan dari media mana pun terkait fenomena penampakan bima sakti di atas Kuil Luxor, Mesir. Sehingga, klaim bahwa bima sakti berada di atas kuil Luxor Mesir adalah salah karena sebenarnya foto tersebut merupakan hasil dari pemanfaatan teknologi AR yang menyebabkan galaksi tersebut terlihat nyata.

===
Referensi:

  1. https://twitter.com/artbyvesa/status/1403629326671790080?s=20
  2. https://twitter.com/superworldapp
  3. https://www.fi.edu/what-is-augmented-reality

= = =
Editor: Bentang Febrylian