[SALAH] Foto Jalan Tol Trans-Papua

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Bukan foto jalan tol Trans-Papua namun jalan tol Cipularang yang telah diedit pada bagian atas foto.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Salah

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.vn/hz0ez


= = = = =

NARASI:
“JALAN TRANS-PAPUA,
PEMBANGUNAN BARU
DAN KESEJAHTERAAN MAJU”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook bernama Nur Hadi pada 8 Juni 2021 memposting sebuah foto jalan tol yang diklaim jalan tesebut merupakan jalan Trans-Papua. Postingan tersebut diunggah pada grup TOLERANSI INDONESIA PERJUANGAN.

Setelah ditelusuri, foto tersebut ditemukan pada artikel yang dimuat oleh katadata.co.id dengan judul “Per 1 November Tarif 15 Ruas Tol Naik”. Dalam artikel tersebut terdapat keterangan pada foto yaitu “kendaraan melintas di ruas tol Cipularang Jawa Barat”.

Melansir dari Tempo.co pada artikel dengan judul “Presiden Resmikan Tol Cipularang dan Pasupati” ditemukan infomasi bahwa tol Cipularang Jawa Barat merupakan tol yang di resmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) ini diresmikan pada 12 Juli 2005 dan tol ini menghubungkan Jakarta-Bandung. Ruas tol Cipularang membentang sepanjang 54 kilometer melewati tiga kabupaten. Di antaranya Karawang, Purwakarta dan Bandung Barat.

Dengan demikian foto dalam postingan Facebook yang diklaim sebagai jalan Trans-Papua tidak benar. Foto tersebut merupakan foto tol Cipularang namun terdapat editan di bagian atas foto sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten salah.

REFERENSI:
https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/5e9a56e5408bd/per-1-november-tarif-15-ruas-tol-naik
https://turnbackhoax.id/2020/07/07/salah-foto-sekarang-papua-mempunyai-jalan-trans-papua-yg-kinclong-dan-mulus/?hcb=1

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian