[SALAH] Foto Jokowi Membaca Buku “Das Kapital”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Foto hasil suntingan. Foto yang asli merupakan foto Jokowi yang sedang membaca komik “Si Juki” yang pertama kali beredar pada tahun 2016 lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.md/HHLj3

= = = = =

NARASI:

“vive la komun”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna Erwanda Hidayat dalam forum Komun mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Presiden Joko Widodo yang tengah membaca buku “Das Kapital” karya Karl Marx. Unggahan tersebut juga disertai keterangan yang berbunyi “vive la komun” atau dapat diartikan sebagai “panjang umur komun” atau “hidup komun”.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan hasil suntingan. Foto asli merupakan foto yang menunjukkan Jokowi sedang membaca komik “Si Juki”. Melansir dari Liputan6, foto tersebut diambil ketika Jokowi tengah membaca komik “Si Juki” dalam perjalanan dari Jakarta menuju ke Semarang pada tahun 2016 lalu. Foto yang asli juga dapat dilihat dalam artikel yang diunggah oleh Viva dengan judul “Komiknya Digemari Jokowi, Ini Kata Pengarang Si Juki”.

Sebelumnya foto serupa juga pernah disunting dengan gambar komik Doraemon pada April 2021. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Gambar Jokowi Membaca Komik Doraemon”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna Erwanda Hidayat dalam forum Komun tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.viva.co.id/arsip/787007-komiknya-digemari-jokowi-ini-kata-pengarang-si-juki

https://seleb.tempo.co/read/781266/komikus-si-juki-bangga-karyanya-digemari-jokowi

https://www.liputan6.com/showbiz/read/2534775/komiknya-dibaca-presiden-jokowi-faza-terkejut

[SALAH] Gambar Jokowi Membaca Komik Doraemon

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian