[SALAH] Video “Di Turki anggota DPR / MPR nya sebelum rapat diawali dengan membaca Al’Quran”

BUKAN di Turki melainkan Iran. Video itu memperlihatkan orang-orang yang membaca Al Qur’an Surah Al Ahzab ayat 21 sampai 24 di Kompleks Makam Imam Reza di Masshad, Iran.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Asmi (fb.com/asmi.saje.9) pada 9 Juni 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan orang-orang membaca Al Qur’an dengan narasi sebagai berikut:

“Di Turki anggota DPR / MPR nya sebelum rapat diawali dengan membaca Al’Quran bersama seluruh anggota dewan…”

Sumber : https://bit.ly/35hFhzO (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai anggota DPR / MPR di Turki yang mengawali rapat dengan membaca Al Qur’an merupakan konten yang salah.

Faktanya, bukan di Turki melainkan Iran. Video itu memperlihatkan orang-orang yang membaca Al Qur’an Surah Al Ahzab ayat 21 sampai 24 di Kompleks Makam Imam Reza di Masshad, Iran.

Video yang identik, diunggah di kanal Youtube قناة القرآن الكريم الإيرانية Iranian Quran channel pada 30 Mei 2019 dengan judul “الأحزاب تلاوة جماعية رائعة جداً من العتبة الرضوية المقدسةوحرم الإمام الخميني” atau yang jika diterjemahkan: “Pesta-pesta tersebut adalah pembacaan kolektif yang sangat indah dari Kuil Suci Razavi dan kuil Imam Khomeini”

Selain itu, video ini diunggah oleh akun Facebook سليمان بخليلي Souleymen Bakhelili pada 29 Mei 2020 dengan judul “تلاوة جماعية لآيات بينات من سورة الأحزاب” atau yang jika diterjemahkan: “Pembacaan kolektif ayat-ayat yang jelas dari Surat Al-Ahzab”

Berdasarkan hasil penelusuran dengan menggunakan kata kunci “Kuil Suci Razavi”, lokasi pembacaan ayat suci Al Qur’an tersebut berada di Kompleks Makam Imam Ali bin Musa ar-Ridha (atau Imam Reza, panggilannya dalam bahasa Persia).

Kompleks Makam Imam Reza merupakan area masjid ke-empat terbesar di dunia, setelah Masjidil Haram di Mekkah, Masjid Nabawi di Madihan, dan Masjid Imam Ali di Irak. Kapasitasnya 700 ribu jemaah. Di dalam kompleks yang dindingnya dihiasi mosaik keramik berwarna-warni dengan motif khas Iran ini terdapat Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat seminari, makam, Universitas Ilmu Islam Razavi, sampai area makan untuk peziarah.

Kompleks ini meliputi area seluas 267 ribu meter persegi, sedangkan tujuh halaman yang mengelilinginya meliputi area seluas 331 ribu meter persegi, dengan total 598 ribu meter persegi. Di tujuh taman itu berdiri 14 menara dan 3 air mancur. Tujuh taman tersebut ialah; Halaman Revolusi, Halaman Kebebasan, Halaman Masjid Goharshad, Halaman Quds, Halaman Republik Islam, Halaman Besar Razavi, dan Halaman Gadeer.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=5IkU3lGRRzg
https://www.facebook.com/watch/?v=2704097796533831
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210413152255-269-629349/megahnya-makam-imam-reza-yang-dikelilingi-tujuh-taman

About Adi Syafitrah 1214 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo