[SALAH] Foto “The Last Moment Dokter Hadio”

Hoaks lama beredar kembali. Pria di foto itu BUKAN Dokter Hadio. Pria di foto itu adalah seorang dokter asal Malaysia yang menemui anak-anaknya di depan pagar karena dirinya salah satu dokter yang menangani pasien Covid-19.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Twitter Backpacker Indonesia (twitter.com/idbcpr) pada 14 Juni 2021 mengunggah foto yang memperlihatkan seorang pria yang berdiri di depan pagar rumah dan hanya memperhatikan kedua anaknya yang berada di teras dengan narasi sebagai berikut:

“SEDIH! THE LAST MOMENT DOKTER HADIO, #DIRUMAHAJA YA, BIAR GAK KEJADIAN LAGI! BANTU PARA NAKES INI!”

Sumber: https://archive.md/uSXqg (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang diklaim sebagai momen terakhir Dokter Hadio ketika bertemu anaknya merupakan klaim yang salah.

Faktanya, klaim ini merupakan hoaks lama beredar kembali. Pria di foto itu BUKAN Dokter Hadio. Pria di foto itu adalah seorang dokter asal Malaysia yang menemui anak-anaknya di depan pagar karena dirinya salah satu dokter yang menangani pasien Covid-19.

Dilansir dari artikel berjudul “[SALAH] Foto Terakhir Dokter Hadio Berdiri Di Depan Pagar Temui Anak Sebelum Meninggal Karena Covid-19”, foto ini adalah foto dokter di Malaysia seperti yang diunggah oleh situs Majalah Pama majalahpama.my dengan judul artikel “Takut Bawa Balik Virus Conid-19, Dokter Ni Tak Mau Masuk Rumah. Tengok Anak Dari Jauh”.

Majalah Malaysia itu juga mengutip pernyataan salah seorang pengguna facebook bernama Ahmad Effendy Zailanudin yang menyebut bahwa dokter tersebut adalah sepupunya yang juga bertugas mengobati pasien Covid-19 di negeri Jiran. Akun Ahmad Effendy Zailanudin menuliskan bahwa sepupunya itu adalah seorang dokter yang tengah berjuang mengobati pasien Covid-19.

Selain itu, dilansir dari Tempo yang menghubungi Ahmad Effendy pada 23 Maret 2020 melalui Facebook Messenger, Ahmad Effendy menegaskan bahwa pria dalam foto itu bukan Hadio, melainkan saudaranya. Dia tidak menyangka fotonya itu viral di Indonesia dengan narasi yang keliru. Saat itu, menurut Ahmad Effendy, saudaranya tersebut dalam kondisi sehat, tidak terinfeksi virus Corona COVID-19, dan masih bertugas sebagai dokter.

“Saya sahkan bahawa gambar itu memang saudara saya. Tetapi dia bukan dokter Hadio yang baru meninggal itu. Saya mohon kepada netizen di sana supaya tidak mudah untuk ambil gambar orang lain dan dijadikan kesempatan untuk mengaut like, komen, dan kongsi,” ujar Ahmad Effendy.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/03/24/salah-foto-terakhir-dokter-hadio-berdiri-di-depan-pagar-temui-anak-sebelum-meninggal-karena-covid-19/
https://cekfakta.tempo.co/fakta/696/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-foto-momen-terakhir-dokter-hadio-yang-meninggal-karena-corona
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/4ba3nraK-cek-fakta-benarkah-ini-foto-pertemuan-terakhir-almarhum-dokter-hadio-dengan-dua-anaknya

About Adi Syafitrah 1214 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo