[SALAH] Video “BNN Periksa Truk Containner Yang Sengaja Diekspor Oleh Cina Tiongkok”

BUKAN dari Cina. Kejadian di video tersebut adalah ketika BNN menyita ganja seberat 1,4 ton asal Aceh yang diselundupkan melalui jalur darat dan udara pada tahun 2019.

Selengkapnya di PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Inne Indriani Suryatmana (fb.com/inne.indriani) pada 8 Juni 2021 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“BNN PERIKSA TRUK CONTAINNER YANG SENGAJA DIEKSPOR OLEH CINA TIONGKOK, JELAS KAN SIAPA PERUSAK NEGERI INI MASIH MAU BELA?”

Dalam video tersebut terlihat petugas membongkar plat besi bagian dalam kontainer yang berisi narkotika.

Sumber: https://archive.fo/SW3F9 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, video petugas membongkar plat besi bagian dalam kontainer yang berisi narkotika yang diklaim sebagai Badan Narkotika Nasional (BNN) yang sedang truk kontainer yang sengaja diekspor oleh Cina merupakan konten yang salah.

Faktanya, truk itu bukan diekspor dari Cina. Kejadian di video tersebut adalah ketika BNN menyita ganja seberat 1,4 ton asal Aceh yang diselundupkan melalui jalur darat dan udara pada tahun 2019.

Video yang identik, dimuat di situs vidio.com pada 31 Januari 2019 dengan judul “Lihat Aksi BNN Sergap Truk Pembawa Ganja”. Video ini juga ditampilkan di artikel berita berjudul “Bau Ganja Kering di Truk Asal Aceh” yang terbit di situs Liputan6 pada 1 Februari 2019.

DIlansir dari artikel tersebut, Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita ganja seberat 1,4 ton asal Aceh. Selain barang bukti, petugas juga meringkus lima orang tersangka di tempat berbeda. Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko menjelaskan, ganja yang disita diselundupkan melalui jalur darat dan jalur udara (via kargo).

“Keseluruhan barang bukti di tiga lokasi berbeda, yakni di kargo Bandara Soekarno Hatta, Depok, dan Bogor, Jawa Barat,” kata Heru, Jumat (1/2/2019) di Kantor BNN, Cawang Jakarta Timur.

Heru menceritakan terungkapnya kasus tersebut. Awalnya, petugas menyelidiki truk jenis engkel yang berangkat dari Aceh. Petugas pun membuntuti truk hingga menuju Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat. Petugas pun menangkap dan menggeledah truk menggunakan anjing pelacak. Ternyata ditemukan bungkusan-bungkusan ganja yang disembunyikan dalam kompartemen khusus di dasar truk yang ditutup dengan pelat besi.

“Kami menangkap sopir truk berinisial BS saat akan meninggalkan kendaraan dan menitipkan kuncinya kepada tukang parkir. BS ditangkap Rabu, 30 Januari 2019 sekitar pukul 13.35 WIB. Jadi, oleh tersangka truk dikamuflase sebagal reefer truck,” ucap dia.

REFERENSI
https://www.vidio.com/watch/1575806 (Arsip: archive.ph/tI1iA)
https://www.liputan6.com/news/read/3885147/bau-ganja-kering-di-truk-asal-aceh

About Adi Syafitrah 1182 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo