[SALAH] Video “Roket² al qassam menghantam wilayah Israel.. kejadian baru diperkirakan 650 korban Yahudi”

BUKAN serangan roket di wilayah Israel. Kejadian di video itu sebenarnya adalah kebakaran besar yang terjadi di pipa minyak mentah Shuqair-Mostorod, Mesir pada tahun 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Cempaka (fb.com/100062785002805) pada 14 Mei 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan sebuah kebakaran besar dengan narasi sebagai berikut:

“Roket² al qassam menghantam wilayah Israel.. kejadian baru diperkirakan 650 korban Yahudi..”

Sumber : https://archive.ph/1Xk8J (Arsip)
===========================================
PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan sebuah kebakaran besar yang diklaim sebagai akibat roket yang menghantam wilayah Israel adalah konten yang salah.

Faktanya, bukan serangan roket di wilayah Israel. Kejadian di video itu sebenarnya adalah kebakaran besar yang terjadi di pipa minyak mentah Shuqair-Mostorod, Mesir pada tahun 2020.

Video yang identik, diunggah di kanal Youtube Global News pada 15 Juli 2020 dengan judul “Cars set ablaze after massive fire breaks out along pipeline in Egypt”.

Menurut keterangan di kanal tersebut, kebakaran besar itu terjadi di pipa minyak mentah Shuqair-Mostorod, Mesir. Dugaan awal, percikan api berasal dari mobil yang melaju di sepanjang jalan. Padahal, di jalan tersebut terdapat minyak yang keluar dari kebocoran pipa.

Dilansir dari JawaPos yang mengutip Reuters, katup pipa segera ditutup di sekitar area kobaran api dan api dapat dikendalikan. Namun, tidak ada penjelasan langsung dari pihak berwenang tentang penyebab pipa yang terletak sekitar 1,5 meter atau 5 kaki di dalam tanah itu bocor.

Beberapa saksi mata di tempat kejadian mengatakan, ada sekitar dua lusin mobil yang terbakar. Juru Bicara Kementerian Perminyakan Mesir Hamdy Abd El Aziz menyatakan bahwa pihaknya telah menutup pipa dan jalan ketika kebocoran ditemukan. Tetapi, pengendara tetap nekat melintas sehingga memicu kebakaran.

Dia tidak mengatakan secara detail kapan pengoperasian pipa dilanjutkan. Dia juga menolak untuk mengatakan bagaimana pipa bawah tanah bisa rusak. Dalam keterangan lain, jaksa penuntut mengirim tim untuk menyelidiki kasus kebakaran hebat atas pipa yang mengalir dari pelabuhan minyak di Laut Merah Shuqair ke kompleks Egyptian Refining Co (ERC) di Mostorod, Greater Cairo, itu.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=Kn8L0XUtz9M
https://www.reuters.com/article/us-egypt-pipeline-fire-idUSKCN24F2LX
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/29/05/2021/ledakan-pipa-minyak-jangan-disangka-rudal-al-qassam-untuk-israel/

About Adi Syafitrah 1336 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo