[SALAH] Piramida Giza di Mesir Menampilkan Pancaran Lampu Bergambar Bendera Palestina

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Foto tersebut merupakan hasil suntingan. Foto asli pertama kali diunggah oleh seorang fotografer bernama Ayah Ahmed pada 18 Agustus 2014 yang lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.is/VkaUa

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Mesir menampilkan bendera Palestina di piramida”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Twitter dengan nama pengguna Arabbeu mengunggah sebuah foto yang menunjukkan penampakan Piramida Giza di malam hari. Dalam foto tersebut, tampak Piramida Giza tengah menampilkan pancaran lampu bergambar bendera Palestina.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan hasil suntingan. Foto asli pertama kali diunggah oleh seorang fotografer bernama Ayah Ahmed pada 18 Agustus 2014 yang lalu, dengan judul karya “Sound and Light – Pyramids of Giza” atau “Suara dan Cahaya – Piramida Giza”. Melansir dari AFP, Kepala Pengurus Situs Bersejarah Giza, Ashraf Mohi menegaskan bahwa tidak ada penampilan pancaran lampu bergambar bendera Palestina di Piramida Giza.

Artikel dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs AFP dengan judul artikel “This Image of the Giza Pyramids Lit with the Palestinian Flag Is Doctored”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Twitter dengan nama pengguna Arabbeu tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%88%D8%AA_%D9%88%D8%A7%D9%84%D8%B6%D9%88%D8%A1_%D8%A7%D9%87%D8%B1%D8%A7%D9%85%D8%A7%D8%AA_%D8%A7%D9%84%D8%AC%D9%8A%D8%B2%D8%A9.jpg#/media/File:الصوتوالضوءاهرامات_الجيزة.jpg

https://factcheck.afp.com/image-giza-pyramids-lit-palestinian-flag-doctored

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian