[SALAH] MUI Tidak Diajak Mencari Hilal

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, MUI diundang oleh Kementerian Agama pada sidang isbat penentuan 1 Syawal 1442.

= = = =

KATEGORI: Misleading content/konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Twitter
https://archive.fo/ljlks

= = = =

NARASI:

“MUI sdh gak diajak cari Hilal
Skrg jg gak diajak urus Halal
Hilal dan Halal bukan urusan kalian lg lho”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah komentar oleh akun Twitter @Teras_Ayung yang mengatakan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak dilibatkan dalam penentuan 1 Syawal 1442 Hijriah. Narasi pada komentar tersebut diikuti oleh pernyataan bahwa MUI tidak dilibatkan dalam pemberian label halal.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita kompas, MUI merupakan salah satu pihak yang diundang oleh Kementerian Agama dalam penentuan 1 Syawal 1442 Hijriah melalui sidang isbat yang dilaksanakan pada 11 Mei 2021. Yang mana, tanggal 1 Syawal ini juga ditentukan oleh posisi hilal.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter @Teras_Ayung tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tren/read/2021/05/09/170000865/jadwal-sidang-isbat-lebaran-2021-dan-cara-menentukan-hilal-1-syawal
  2. https://www.google.com/amp/s/amp.kontan.co.id/news/kapan-lebaran-2021-kemenag-bakal-gelar-sidang-isbat-pada-tanggal-ini

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian