[SALAH] Tangkapan Layar Artikel “Mujahidin Aceh Siap Perang Jihad Melawan Buddha Tzu Chi”

SUNTINGAN, menghilangkan detil waktu publikasi sehingga menimbulkan premis/kesimpulan KELIRU. FAKTANYA, artikel yang diambil tangkapan layarnya adalah terbitan tahun 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, https://archive.md/AvKSG (arsip cadangan). Post ke grup “NUSANTARA SHANTI” (https://archive.md/BQNpS) oleh akun “Volents” (https://archive.md/ka5ah).

NARASI: – (tidak ada, hanya membagikan tangkapan layar hasil suntingan).

PENJELASAN

Berdasarkan “7 Jenis Mis dan Disinformasi” oleh First Draft, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan tangkapan layar hasil SUNTINGAN dari artikel yang dihilangkan waktu penerbitannya, sehingga menimbulkan premis/kesimpulan KELIRU.

Verifikasi Artikel

Artikel sumber yang diambil tangkapan layarnya lalu disunting,

IndependensI.com pada 15/02/2018: “PIDIE JAYA (IndependensI.com) – Ormas Islam radikal yang menamakan diri Mujahidin Seuramoe Mekkah menuduh Yayasan Buddha Tzu Chi sebagai organisasi yang menyebarkan komunisme di Aceh. Mujahidin Seuramoe mengancam akan melancarkan perang jihad melawan kelompok yang dianggap yayasan milik komunis tersebut.” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Serambinews.com pada 14 Februari 2018: “Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Abbas (Dua kiri) bersama Wakil Bupati H Said Mulayadi SE MSi (Tiga Kiri) dan Ketua MPU Pijay, Tgk H Said Abdullah (Tengah) memberikan klarifikasi terhadap pembangunan gedung AKN oleh bantuan pihak ketiga Buddha Tzu Chi Indonesia pasca gempa yang tidak ada kaitannya dengan agama sama sekali, Selasa (13/2/3018) di ruang kerja Bupati Pijay. SERAMBI/IDRIS ISMAIL” (deskripsi foto). [3]

IndependensI.com pada 15/02/2018: “PIDIE JAYA (IndependensI.com) – Tokoh Islam Aceh Darussalam Abu Kuta Krueng dalam acara doa bersama yang diadakan di Dayah Darul Muta’allimin Gp Mns Mee, Ulee Glee, Pidie Jaya menolak pembangunan gedung kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) di Pijay oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Hal ini menyikapi rencana Bupati Pidie Jaya (Pijay) yang membangun sarana pendidikan yang disalurkan oleh Komunitas Buddha Tzu Chi.” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.”, http://bit.ly/3pIsnm2 (Google Translate) & http://bit.ly/2rhTadC.

[2] independesi.com: “Mujahidin Aceh Siap Perang Jihad Melawan Buddha Tzu Chi”, https://bit.ly/3wFQt4N / https://archive.md/XTvZV (arsip cadangan).

[3] aceh.tribunnews.com: “Ulama: Bantuan Buddha Tzu Chi tak Ada Kaitan dengan Agama”, https://bit.ly/2RSiEyI / https://archive.md/kvzHJ (arsip cadangan).

[4] independesi.com: “Mujahidin Aceh Siap Hancurkan Bangunan Milik Buddha Tzu Chi”, https://bit.ly/3fvQId6 / https://archive.md/VPglV (arsip cadangan).