[SALAH] Akun Facebook Bupati Mojokerto Menawarkan Dana Bantuan

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto menegaskan bahwa akun tersebut bukan merupakan akun milik Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/Qk3QP

= = = = =

NARASI:

“Assalamualaikum wr, wb.

minal aidin wal faizin
mohon maaf lahir & batin..

buat warga Mojokerto yang ingin memajukan usaha nya.
ini ad program bagus dari pemerintah.
bantuan pinjaman mudal wira usaha dngan bunga 0%. Dan biaya subsidi/ angsuran 50% perbulan di bantu pemerintah & program ini ad selama covid 19.
terima kasih…

wassalamualaikum wr, wb.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun Facebook Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, yang menawarkan dana bantuan usaha. Narasi tersebut diunggah ke forum “mojokerto news”. Dalam unggahan tersebut, dijelaskan bahwa dana bantuan usaha memiliki bunga 0% dan biaya subsidi sebesar 50%. Dana tersebut akan diberikan selama pandemi Covid-19.

Melansir dari situs resmi Kabupaten Mojokerto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto menegaskan bahwa akun tersebut bukan merupakan akun milik Ikfina. Nama pengguna yang tercantum di akun Facebook tersebut adalah “Ikfina Fatmawati”, sedangkan nama lengkap Bupati Mojokerto adalah “Ikfina Fahmawati”.

Lebih lanjut, Ardi mengimbau kepada masyarakat Mojokerto untuk selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan kabar yang mengatasnamakan Bupati Mojokerto. Ardi juga meminta masyarakat untuk melakukan verifikasi pada sumber yang valid apabila menerima suatu informasi.

Dengan demikian, akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://mojokertokab.go.id/detail_berita/akun-medsos-atasnamakan-bupati-mojokerto-sosialisasi-pinjaman-dana-dan-minta-uang-kominfo-bukan-akun-bupati

https://surabayapagi.com/read/nama-dan-foto-bupati-ikfina-dicatut-jadi-akun-facebook-palsu

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian