[SALAH] Video “menara masjid Al Aqsо dirobohkan Israel”

Pelintiran daur ulang, sudah diklarifikasi sebelumnya pada bulan Maret lalu. TIDAK berkaitan dengan Israel atau kondisi konflik Palestina – Israel saat ini (2021). FAKTANYA, video sudah beredar sejak tahun 2008. Selain itu, di video aslinya TIDAK ada suara Azan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Pesan berantai dan story WhatsApp.

NARASI: “Allahu Akbar …..meskipun menara masjid Al Aqsо mo dirobohkan sama Israel..tp dengan kuasa Allah tidak roboh n tidak lecet sedikipun…Allahu Akbar”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video yang sudah beredar sejak tahun 2008 dengan narasi yang salah mengaitkan dengan Israel atau kondisi konflik Palestina – Israel saat ini (2021), sehingga menimbulkan premis/kesimpulan yang KELIRU.

Selain itu, sudah diklarifikasi sebelumnya pada bulan Maret lalu.

Verifikasi Video

Beberapa sumber video yang identik,

Michael Moore di YouTube pada 16 Maret 2008: “Cpl. Jon M. Turner’s (3/8 Kilo Company, 1st Platoon, U.S. Marine Corps) testimony on March 15th, 2008 included these two videos of Turner’s squad firing on Mosques unprovoked, a violation of international law.” [2]

Military.com pada 3 Mei 2011: “Raw footage of a minaret being demolished in combat.” [3]

(Versi LiveLeak, durasi lebih panjang).

Referensi Lain yang Berkaitan

Hasil pencarian gambar dari thumbnail video yang ditemukan pada 2009, 2013, 2014 dan 2019, TinEye: “Searched over 47.4 billion images in 4.2 seconds” [4]

Google (News): “konflik palestina israel” [5]

Artikel periksa fakta yang sebelumnya, turnbackhoax.id pada 4 Maret 2021: “Video tersebut bukan merupakan video menara masjid di Palestina yang ditembaki oleh tentara Israel, melainkan menara masjid di Irak yang ditembaki oleh Korps Marinir Amerika Serikat pada bulan Maret 2008 yang lalu.” [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] youtube.com: “WINTER SOLDIER: U.S. Marines Fire on Mosques Unprovoked”, https://bit.ly/2SlystN / https://archive.md/i5ybq (arsip cadangan).

[3] military.com: “Minaret Demolished in Combat”, https://bit.ly/3oJDGeW / https://archive.md/ghPMd (arsip cadangan).

[4] tineye.com: “3 results”, https://bit.ly/34aKokX / cetak PDF untuk arsip cadangan.

[5] https://www.google.com/search?q=konflik+palestina+israel&tbm=nws, https://bit.ly/3waaZdx / https://archive.md/lkLVG (arsip cadangan).

[6] turnbackhoax.id: “[SALAH] Video Menara Masjid di Palestina Ditembaki Tentara Israel”, https://bit.ly/34qRbXT / https://archive.md/s4BSw (arsip cadangan).