[SALAH] Pengumuman CPNS Kemenkumham Beserta Link Pendaftarannya

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Flyer Palsu. Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) BELUM secara RESMI mengeluarkan flyer atau infografis pengumuman untuk pendaftaran CPNS di Kementriannya. Adapun pendaftaran CPNS akan diumumkan secara resmi pada 30 Mei 2021.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten Tiruan

====

SUMBER: Media Sosial

====

NARASI:
Sebagai Insan Pengayoman
Daftarkan diri kalian melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2021

Daftar secara online di:
https://sscasn.bkn.go.id
Tanggal pendaftaran:
31 Mei – 21 Juni 2021

Gratis
Tidak Dipungut Biaya

Info Selengkapnya:
https://cpns.kemenkumham.go.id
@cpnskumham
@kemekumham_RI

====

PENJELASAN:

Beredar flyer dan infografis di media sosial yang menginformasikan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021, oleh Kementrian Hukum dan HAM. Dalam flyer yang beredar tersebut diinformasikan pembukaan pendaftaran CPNS dimulai pada 31 Mei hingga 21 Juni 2021, berikut juga disertakan link pendaftaran secara online.

Berdasarkan penelusuran terkait, flyer yang menginformasi pendaftaran CPNS tersebut palsu, karena tidak resmi dikeluarkan oleh Kemenkumham. Sekretaris Jenderal Kemenkuham Andap Budhi

Revianto angkat bicara soal beredarnya flyer dan infografis di tengah masyarakat. Andap menyatakan bahwa Kemenkumham sampai saat ini belum mengeluarkan secara resmi informasi pendaftaran CPNS.

“Memang benar kami akan menyelenggarakan proses penerimaan CPNS, tetapi sampai saat ini kami belum sekali pun secara resmi menyampaikan informasi terkait hal tersebut kepada publik,” kata Andap pada Kompas.com, Minggu (23/5/21).

Ia menambahkan, informasi soal pendaftaran CPNS yang telah beredar di media sosial juga tidak sepenuhnya disalahkan namun juga tidak sepenuhnya dibenarkan. Hal ini dikarenakan menurutnya, bisa saja ada oknum yang sengaja untuk melakukan penipuan secara online.

“Terkait beragam informasi mengenai penerimaan CPNS Kemenkumham, saya meminta masyarakat untuk berhati-hati agar tidak tertipu oleh oknum yang memanfaatkan momen ini,” ungkapnya.

Informasi CPNS di Kemenkumham akan dikeluarkan secara resmi pada 30 Mei 2021, melalui akun-akun resmi terverifikasi, yakni web resmi Kemenkumham, yakni cpns.kemenkumham.go.id, atau akun resmi di Instagram, yaitu @cpns.kumham dan @kemenkumhamri. Adapun informasi yang dikeluarkan selain dari web atau akun yang telah disebutkan, maka dapat dikatakan palsu.

Untuk instagram, beberapa di antaranya misalnya @cpns_kumham, @cpnskumham, @info.cpnskumham, dan lain-lain. Semuanya, kata Andap, adalah palsu.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa pengumuman pendaftaran CPNS Kemenkumham yang beredar di media sosial, sebelum tanggal 30 Mei adalah Hoax dan termasuk kategori Konten Tiruan.

====

REFERENSI:
https://nasional.kompas.com/read/2021/05/24/06115991/hati-hati-penipuan-cpns-kemenkumham-ini-informasi-resminya


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4564776/hati-hati-penipuan-penerimaan-cpns-kemenkumham

====
Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian