[SALAH] Video “Salah satu masjid di palestine dibom yahudi sewaktu azan”

TIDAK berkaitan dengan Palestina dan kondisi konflik saat ini (2021). FAKTANYA, video yang dibagikan sudah dipublikasikan sebelumnya pada tahun 2014, berkaitan dengan perusakan Kuil Uwais al-Qurani dan Ammar Ibn Yasser di Raqqa, Suriah, oleh ISIS.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Facebook, https://archive.md/NFmmf (arsip cadangan).

NARASI: “Salah satu masjid di palestine dibom yahudi sewaktu azan”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video peristiwa tahun 2014 memanfaatkan momen berkaitan dengan situasi konflik Palestina-Israel saat ini (2021), sehingga menimbulkan premis/kesimpulan yang KELIRU.

Verifikasi Video

Video identik ditemukan di beberapa situs yang mempublikasikan pada tahun 2014,

Military.com: “Militan Takfiri dari apa yang disebut Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) telah menghancurkan dua situs keagamaan Syiah yang terletak di utara kota terbesar kedua di Irak, Mosul, kata laporan. Militan ISIS Takfiri meledakkan situs suci dengan alat peledak di desa Sharikhan dan al-Qubbah di utara negara itu, sumber media Irak mengatakan pada hari Rabu. ( http://en.shiapost.com/ ) 06/25/2014.” [2]

ABNA 24: “Menurut kantor berita Ahl al-Bayt (AS) -Ibna, elemen takfiri dari Negara Islam Irak dan Syam (ISIL), yang menghancurkan kubah, karangan bunga dan tempat suci Owais Qarni, Ammar ibn Yasir dan Ubayy ibn Qays Nakha Beberapa bulan yang lalu, kali ini Makam ketiga sahabat ini benar-benar rata dengan tanah.”, tautan ke file video: https://fa.abna24.com/upload/video/2014/06/09/05_5395be94aabd0.flv [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

the Washington Post pada 20 Maret 2015: “Raqqa di utara Suriah – pusat dunia Islam pada abad ke-8 dan ke-9 – mengalami kehancuran serupa. Sejak diduduki oleh ISIS, situs dan bangunan bersejarah menjadi sasaran para militan. Kedua foto menunjukkan tempat suci kepada Uwais al-Qurani dan Ammar Ibn Yasser pada tahun 2011 dan 2014. Pada tahun 2014, ketiga makam di bagian luar tempat suci dan menaranya telah dihancurkan.” [4]

UNOSAT: “The [Uwais al-Qarani] shrine has been severely damaged. Satellite imagery shows that all three tombs, their minarets and a section of the linking arcaded precinct have been destroyed. Remmants of a few walls of the eastern tomb and some of the central precinct are still standing, though they were likely damaged by the explosions.” [5]

Google (News), kata kunci: “konflik palestina israel” [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] military.com: “ISIL Menghancurkan Tempat Keagamaan Syiah di Irak” (Google Translate Chrome extension), https://archive.md/djknF (dengan bahasa asli).

[3] abna24.com: “Film / Momen penghancuran kuil Ammar Yasser dan Owais Qarni di Suriah (film baru)” (Google Translate Chrome extension), https://bit.ly/3f5yord (dengan bahasa asli) / https://archive.md/YFXc0 (arsip cadangan).

[4] washingtonpost.com: “Pemandangan Suriah yang dilanda perang” (Google Translate), https://bit.ly/3hDLRbj / https://archive.st/aarh (arsip cadangan, arsip dengan bahasa asli di https://archive.md/DLdML).

[5] unosat.web.cern.ch: “Satellite-based Damage Assessment to Cultural Heritage Sites in Syria”, https://bit.ly/3f3dfxM ( halaman 69).

[6] https://www.google.com/search?q=konflik+palestina+israel&tbm=nws, https://bit.ly/3waaZdx / https://archive.md/IIZad (arsip cadangan).

Sumber: https://facebook.com/groups/fafhh/permalink/1484173395248524/, https://archive.md/xVmtn (arsip cadangan).