[SALAH] Demi Mengelabui Petugas, Pemudik Nekat Menyamar Menjadi Gorila

Bukan para pemudik. Beberapa gorila yang ada dalam video tersebut merupakan patung yang akan dijual.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]:

https://www.instagram.com/p/COm1a5iNgk5/

[NARASI]:

“Demi megelabui petugas, pemudik nekat menyamar menjadi gorila”

======

[PENJELASAN]:

Akun instagram bernama omg.indonesia.id mengunggah sebuah video yang memperlihatkan beberapa hewan gorila yang diangkut menggunakan mobil bak terbuka dan diklaim merupakan para pemudik yang menyamar dengan mengenakan kostum gorila agar terhindar dari razia penyekatan petugas kepolisian. Dalam video tersebut juga terdapat narasi Otw Mudik”

Berdasarkan penelusuran, dilansir dari tvonenews.com, tidak benar klaim yang menyebutkan bahwa 10 gorila tersebut merupakan pemudik yang menyamar. Faktanya, gorila-gorila tersebut merupakan patung yang akan dijual.

Melansir dari pencarian google, ditemukan patung-patung gorila pada toko online yang identik dengan video yang beredar tersebut.

======

REFERENSI:

https://www.tvonenews.com/channel/tvonenews/40809-viral-pemudik-nyamar-jadi-gorila-untuk-kelabui-petugas-ini-faktanya-tvone-minute

https://www.google.com/search?safe=strict&rlz=1C1CHBD_idID925ID925&tbm=shop&sxsrf=ALeKk03-q0ffuf8y6vxSL1SBPne9KXr0RQ:1621355153607&q=jual+patung+gorila&spell=1&sa=X&ved=0ahUKEwji0fDP0tPwAhVNb30KHU7KBHMQBQiEAigA&biw=1517&bih=730&dpr=0.9