[SALAH] Israel Menyerang Palestina Karena Marah Telah Disudutkan dalam KTT OKI di Turki

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Pernyataan tersebut tidak benar. Bentrokan yang terjadi di Palestina disebabkan oleh adanya bentrok antara Polisi Israel dengan warga Palestina akibat keputusan Polisi Israel untuk membarikade area tempat duduk di luar gerbang Damaskus saat awal bulan Ramadhan dan perebutan rumah oleh pemukim Yahudi.

= = = =

KATEGORI: Misleading content/konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Whatsapp

= = = =

NARASI:

sekilas Info :
“Innalillahi Wainaillaihi roji’un…..
Palestine dikepung oleh pasukan israel..israel marah krn ktt oki di TURKI menyudutkan israel, mereka melakukan serangan darat ke Gaza… pemimpin Hizbullah, Syed Hasan Nasrullah minta semua muslim utk membaca surah al-Baqarah ayat 26-27 dan surah Yunus ayat 85,86,88 malam ini.. tolong sebarkan.. agar israel hancur.. forward kpd seluruh umat Islam.. saudara seagama telah dikepung tunggu waktu utk di sembelih.. keadaan amat dahsyat.. itu saja jihad kita…. minta tolong dgn sangat kpd sahabat2 sebarkan seluas mungkin….Labbaika Allahuma Labbaika .. minta tolong dgn sangat kpd sahabat2 sebarkan seluas mungkin
[…]

(Lanjutan narasi dicantumkan setelah referensi)

= = = =

PENJELASAN:

Telah beredar pesan berantai melalui Whatsapp yang mengatakan bahwa Israel menyerang Palestina karena Israel marah. Kemarahan Israel tersebut diklaim telah disebabkan karena pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Turki menyudutkan Israel.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman Kompas, pemicu awal ketegangan Israel dan Palestina yang terjadi baru-baru ini disebabkan oleh keputusan Polisi Israel untuk membarikade area tempat duduk di luar gerbang Damaskus pada awal Ramadhan. Ketegangan meningkat ketika adanya penggusuran rumah oleh pemukim Yahudi di Palestina. Hal ini memicu protes dari warga Palestina yang juga mengakibatkan adanya bentrok antara warga Palestina dengan Polisi Israel.

Dengan demikian, pesan berantai dalam Whatsapp yang mengatakan bahwa Israel menyerang Palestina karena marah telah disudutkan dalam KTT OKI di Turki tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.kompas.com/global/read/2021/05/11/110346470/kronologi-bentrok-israel-dan-palestina-di-masjid-al-aqsa-terparah-sejak?page=all
  2. https://www.kompas.com/global/read/2021/05/10/170051570/ini-penyebab-bentrok-israel-dan-palestina-di-masjid-al-aqsa?page=all
  3. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210509074640-4-244382/israel-serang-masjid-al-aqsa-200-orang-terluka

= = = =

(Lanjutan narasi)

: Israel rencana akan menyerang dalam masa 24 jam. Jangan stop berdoa ayat2 berikut utk Palestine
La illaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadzdzaalimin. Tolong FORWARD berita ini kpd kaum Muslimin/Muslimat semuanya!!!
Astaghfirullah……….3x, lalu baca:
*Hasbunallahu wa ni’imal wakil, sebanyak 7 kali……..
Walaupun tak membaca, tolong forwardkan message ni
Selepas membaca skrg forwards. Dlm brp menit, berjuta orang akan membaca. Tolong foward kpd rekan2 Islam …atau sebarkan kpd semua rekan2 Islam…ALLAHU akbar”

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian