[SALAH] Foto “resiko mudik menghindari razia dengan mencari jalan tikus”

Tidak terkait dengan mudik. Foto tersebut adalah hasil digital imaging karya fotografer asal Swedia, Erik Johansson. Foto ini dipotret di jalan pedesaan kecil di Swedia pada Juli 2019. Karya-karyanya dibuat dengan menggabungkan beberapa foto yang berbeda.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Ahmad Farid (fb.com/100042270227769) pada 6 Mei 2021 mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kemacetan di pertigaan jalan tanah yang sempit di tengah persawahan dengan narasi sebagai berikut:

“MUDIK. Berbagai cara yang dilakukan menghindari Razia dengan mencari jalan Tikus. Tetapi… Resikonya Begini Sabar ya ..Orang sabar disayang Tuhan”

Sumber : https://archive.ph/pLh2L (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim CekFakta Tempo, adanya foto yang memperlihatkan kemacetan di pertigaan jalan tanah yang sempit di tengah persawahan yang dikaitkan dengan mudik dengan cara mencari jalan tikus merupakan konten yang salah.

Faktanya, tidak terkait dengan mudik. Foto tersebut adalah hasil digital imaging karya fotografer asal Swedia, Erik Johansson. Foto ini dipotret di jalan pedesaan kecil di Swedia pada Juli 2019. Karya-karyanya dibuat dengan menggabungkan beberapa foto yang berbeda.

Dilansir dari Tempo, foto ini terdapat di situs pribadi milik Johansson, Erikjo.com. Foto itu diberi judul “You First” dan dibuat pada 2020. Selain berprofesi sebagai fotografer, pria kelahiran 1985 itu juga merupakan seorang seniman visual (visual artist) yang kini berdomisili di Praha, Republik Ceko. Karya-karyanya dibuat dengan menggabungkan beberapa foto yang berbeda.

Johansson juga pernah mengunggah foto tersebut di akun Instagram pribadinya, @erik.joh, pada 21 Januari 2020. Foto ini diberi keterangan lokasi, yakni “Holmestad, Vastra Gotalands Lan, Sweden”. Adapun terjemahan caption foto itu adalah sebagai berikut:

“Karya baru: ‘You First’. Apa yang terjadi jika kita semua menginginkan hal yang sama? Kita tidak bermaksud merugikan tapi tetap saja hasilnya tidak seperti yang kita harapkan. Kita tidak selalu lebih kuat bersama-sama. Terinspirasi oleh dan dipotret di jalan pedesaan kecil di sekitar area tempat saya dibesarkan di Swedia pada Juli 2019. Kami memotret 11 mobil di lokasi dan sisanya yang berada di kejauhan diambil secara terpisah.”

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1365/keliru-foto-kemacetan-di-sawah-ini-diambil-saat-mudik-lebaran
https://www.erikjo.com/work/you-first
https://www.instagram.com/p/B7lfH2oBCtF/

About Adi Syafitrah 1182 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo