[SALAH] “Kemarin Pun Tgl 4 Juga Berbondong2 Si Sipit Tiba Di Bandara Soeta tanpa lewat jalur Imigrasi”

Foto tahun 2020 dan BUKAN kedatangan, tapi keberangkatan. Foto ini pernah beredar pada Oktober 2020 dengan narasi yang berbeda. Ketika itu, pihak Imigrasi telah mengkonfirmasi bahwa foto itu adalah foto saat keberangkatan, bukan kedatangan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Zahra Ririn (fb.com/zahra.ririn.311) pada 5 Mei 2021 mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“Yg seperti ini kita mau percaya sama pemerintah
Kemarin Pun Tgl 4 Juga Berbondong2 Si Sipit Tiba Di Bandara Soeta
Tinggal nunggu hancur tanpa nama Republik Indonesia, di dukung Rusdi Kirana, Lion Wings Air, pesawat yg berani mnurunkn penumpang dari Cina, tanpa lewat jalur Imigrasi, tp lewat penumpang dlm negeri.”

Sumber : https://bit.ly/3f53r59 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto penumpang Lion Wings Air dari Cina yang diturunkan tanpa lewat jalur imigrasi di Bandara Soekarno Hatta merupakan klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah Foto tahun 2020 dan bukan kedatangan, tapi keberangkatan. Foto ini pernah beredar pada Oktober 2020 dengan narasi yang berbeda. Ketika itu, pihak Imigrasi telah mengkonfirmasi bahwa foto itu adalah foto saat keberangkatan, bukan kedatangan.

Foto yang identik, dimuat di artikel berjudul “Geger Isu Kedatangan ‘Tentara’ di Soetta, Faktanya Penumpang Biasa” yang terbit di situs Detikcom pada 3 Oktober 2020.

Dilansir dari artikel tersebut, foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @BerisikEmak pada Kamis (1/10/2020). Pada gambar yang diunggah itu tampak sejumlah pria berpakaian seragam lengan panjang dan celana panjang warna krem.

Namun, Manager Branch Communication Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar, mengatakan sekelompok pria berseragam krem itu adalah penumpang yang hendak terbang ke luar negeri, bukan baru tiba di Indonesia. Haerul mengkonfirmasi para penumpang itu adalah warga negara Cina. “Itu penumpang biasa yang mau berangkat ke luar,” ujar Haerul.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandara Soetta Ajun Komisaris Alexander Yurikho juga menyatakan lokasi dalam foto itu bukan terminal kedatangan internasional, melainkan terminal keberangkatan internasional, tepatnya Terminal 3 Bandara Soetta. Dia juga memastikan bahwa seragam yang digunakan oleh para pria itu bukan seragam tentara, melainkan seragam pekerja tambang atau personel lapangan.

Berita yang sama juga pernah dimuat oleh Liputan6.com pada 3 Oktober 2020. Alexander Yurikho mengatakan area yang terlihat dalam foto tersebut bukan area kedatangan melainkan keberangkatan internasional. Kemudian, seragam yang dikenakan para pria dalam foto itu bukan seragam tentara, melainkan seragam pekerja lapangan.

Menurut arsip berita Tempo, Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Romi Yudianto pun telah memastikan puluhan warga negara Cina dalam foto tersebut adalah para pekerja tambang. “Bukan tentara,” ujar Romi saat dihubungi Tempo pada 3 Oktober 2020. Romi menjelaskan foto tersebut merupakan foto saat keberangkatan, bukan kedatangan. Meskipun begitu, dia tidak menjelaskan secara detail di mana puluhan warga negara Cina itu berasal. Dia juga tidak menyebut jadwal keberangkatan mereka di Bandara Soetta.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1360/keliru-klaim-ini-foto-penumpang-lion-air-dari-cina-yang-diturunkan-tanpa-lewat-jalur-imigrasi
https://news.detik.com/berita/d-5198073/geger-isu-kedatangan-tentara-di-soetta-faktanya-penumpang-biasa
https://www.liputan6.com/news/read/4373141/viral-foto-mirip-kedatangan-tentara-asing-di-bandara-soetta-ini-kata-polisi
https://metro.tempo.co/read/1393080/polisi-selidiki-foto-viral-wna-cina-berseragam-di-bandara-soekarno-hatta

About Adi Syafitrah 1182 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo