[SALAH] Gambar Artikel CNN Indonesia “Seorang Anggota Polisi Jual Senjata Serbu AK-47 dan Pistol FN Made in Cina Beserta Amunisi ke Teroris KKB Papua”

Gambar EDITAN. CNN Indonesia TIDAK pernah membuat artikel seperti tangkapan layar tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten Palsu
===========================================

Akun Facebook Devan Baskara (fb.com/devan.baskara.1) pada 29 April 2021 mengunggah sebuah gambar yang terdapat logo CNN Indonesia dan narasi sebagai berikut:

“12 April 2021 20 : 33”, “SEORANG ANGGOTA POLISI JUAL SENJATA SERBU AK-47 DAN PISTOL FN MADE IN CINA BESERTA AMUNISI KE TERORIS KKB PAPUA” dan “Seorang Anggota Polisi dari satuan Densus 88 bernama Bernard Silalahi, Asli Batak, Agama Kristen Protestan, berpangkat Aipda dari Kapolres Medan, tertangkap Operasi Gabungan antara Kepolisian & Tni. Oknum Polisi tersebut sudah 7 kali menjual senjata jenis AK-47 sebanyak 20 senjata serbu beserta 5.000 butir peluru. Dan juga pistol jenis FN buatan Cina beserta amunisinya kepada Gerombolan KKB Papua”

Sumber : archive.ph/17DZM (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya gambar artikel dari CNN Indonesia yang berjudul “Seorang Anggota Polisi Jual Senjata Serbu AK-47 dan Pistol FN Made in Cina Beserta Amunisi ke Teroris KKB Papua” merupakan klaim palsu.
Faktanya, gambar tersebut adalah gambar editan. CNN Indonesia tidak pernah membuat artikel seperti tangkapan layar tersebut.

Berdasarkan hasil pencarian di situs CNN Indonesia dengan menggunakan kata kunci “polisi jual senjata kkb papua”, tidak ditemukan satupun artikel yang sesuai dengan klaim tersebut pada tanggal 12 April 2021.

Selain itu, klaim ini juga merupakan gaya pelintiran daur ulang. Di situs turnbackhoax.id, klaim seperti ini sudah berulang kali diperiksa sebelumnya.

REFERENSI
https://www.cnnindonesia.com/search/?query=polisi jual senjata kkb papua&kanal=&date=2021/04/12
https://turnbackhoax.id/2020/06/18/salah-cia-bongkar-jati-diri-presiden-indonesia-jokowi-melalui-passport/
https://turnbackhoax.id/2020/06/07/salah-tangkapan-layar-dinas-imigrasi-tahan-300-orang-wna-china-ilegal/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo