[SALAH] Video “Munarman yang Di Tangkap Mahfud MD yang Masuk Penjara”

Isi video tidak memberitakan Mahfud MD masuk penjara. Video hanya menarasikan tiga artikel dari tiga media, yakni artikel berjudul “Eks FPI Munarman Ditangkap Densus 88, Nicho Silalahi Singgung Mahfud MD: Terorisme Atau Arogansi Kekuasaan?” yang tayang di seputartangsel.pikiran-rakyat.com pada 27 April 2021, artikel berjudul “Densus 88 Polri Tangkap Mantan Petinggi FPI Munarman di Tangsel” yang tayang di kompas.com pada 27 April 2021, dan artikel berjudul “Ma’ruf Amin Kritik Pedas Presiden Jokowi, Pengamat: Secara Politik Dia Diam, Tapi Intelektualnya Jalan Terus” yang tayang di galamedia.pikiran-rakyat.com pada 27 April 2021.

=====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Youtube

https://archive.ph/vBl7a

=====

Narasi:

“BERITA TERBARU HARI INI ~ MUNARMAN YANG TANGKAP MAHFUD MD YANG MASUK PENJARA”

=====

Penjelasan:

Beredar konten video di Youtube dengan judul “BERITA TERBARU HARI INI ~ MUNARMAN YANG TANGKAP MAHFUD MD YANG MASUK PENJARA” yang tayang di kanal Radar Politik pada 29 April 2021. Pada bagian thumbnailnya juga tertulis narasi “MUNARMAN YANG DI TANGKAP MAHFUD MD YANG MASUK PENJARA.”

Berdasarkan hasil penelusuran, isi video tidak memberitakan mengenai Mahfud MD masuk ke penjara. Isi video hanya menarasikan tiga artikel dari tiga media yang berbeda. Artikel pertama yang dinarasikan dalam video ialah artikel berjudul “Eks FPI Munarman Ditangkap Densus 88, Nicho Silalahi Singgung Mahfud MD: Terorisme Atau Arogansi Kekuasaan?” yang tayang di seputartangsel.pikiran-rakyat.com pada 27 April 2021.

Dalam artikel itu tidak ditemukan penyebutan Mahfud MD masuk penjara. Artikel itu hanya memuat pernyataan Aktivis ProDem, Nicho Silalahi terkait penangkapan Munarman, eks Sekretaris FPI oleh tim Densus 88.

Lalu, artikel kedua yang dinarasikan dalam video ialah artikel berjudul “Densus 88 Polri Tangkap Mantan Petinggi FPI Munarman di Tangsel” yang tayang di kompas.com pada 27 April 2021. Artikel itu hanya pemberitaan mengenai pernyataan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus atas penangkapan Munarman oleh Densus 88.

Dan, artikel ketiga yang dinarasikan dalam video ialah artikel berjudul “Ma’ruf Amin Kritik Pedas Presiden Jokowi, Pengamat: Secara Politik Dia Diam, Tapi Intelektualnya Jalan Terus” yang tayang di galamedia.pikiran-rakyat.com pada 27 April 2021. Artikel itu hanya berisikan pernyataan pengamat politik Rocky Gerung atas pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin terkait indeks demokrasi Indonesia.

Dari tiga artikel itu tidak ditemukan pernyataan Mahfud MD ditangkap. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-141837112/eks-fpi-munarman-ditangkap-densus-88-nicho-silalahi-singgung-mahfud-md-terorisme-atau-arogansi-kekuasaan

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/04/27/17270521/densus-88-polri-tangkap-mantan-petinggi-fpi-munarman-di-tangsel?page=all

https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-351834911/maruf-amin-kritik-pedas-presiden-jokowi-pengamat-secara-politik-dia-diam-tapi-intelektualnya-jalan-terus