[SALAH] Versi Baru WhatsApp dengan Warna Merah Muda

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Aplikasi tersebut adalah palsu. WhatsApp telah menegaskan bahwa pihaknya tidak meluncurkan versi baru WhatsApp dengan warna merah muda.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Tautan Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“WhatsApp dengan Warna Merah Muda
WhatsApp telah resmi meluncurkan versi baru
Watsapp dengan Warna Merah Muda”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah tautan melalui pesan berantai di WhatsApp mengenai peluncuran versi baru WhatsApp. Dalam tautan tersebut, WhatsApp disebut sudah meluncurkan versi baru WhatsApp dengan warna merah muda. Pengguna dapat mengunduh aplikasi melalui tautan yang disediakan.

Berdasarkan hasil penelusuran, aplikasi tersebut adalah palsu. Peneliti keamanan siber asal India, Rajshekhar Rajaharia menyatakan bahwa aplikasi tersebut adalah malware yang mampu mengambil alih akses ponsel pengguna. Melansir dari Gadgets360, WhatsApp telah menegaskan bahwa pihaknya tidak meluncurkan versi baru WhatsApp dengan warna merah muda. Pihak WhatsApp juga meminta pengguna untuk hanya mengunduh aplikasi resmi yang tersedia di Play Store dan App Store.

Dengan demikian, tautan melalui pesan berantai di WhatsApp mengenai peluncuran versi baru WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://twitter.com/rajaharia/status/1383476641293168640?s=19

https://gadgets.ndtv.com/apps/news/whatsapp-pink-fake-app-circulation-virus-malware-2416910

https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/26/152500365/hati-hati-whatsapp-pink-aplikasi-palsu-pembobol-data-ini-cara?page=all

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian