[SALAH] Arnold Schwarzenegger Tidur di Luar Hotel Karena Tidak Dapat Memesan Kamar

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto tersebut merupakan unggahan lama Arnold Schwarzenegger yang ia unggah melalui akun Instagram pribadinya pada 16 Januari 2016. Adapun lokasi diambilnya foto itu berada di Greater Columbus Convention Center, Ohio, bukan hotel seperti yang disebutkan dalam unggahan tersebut.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Twitter

https://archive.vn/IhwKv



====

Narasi:

“Penghargaan manusia hanya sementara.

Arnold Schwarzenegger, mantan Gubernur California & Body Builder. Ketika sudah pensiun, tidak dapat booking kamar di sebuah hotel. Padahal hotel tsb masih berhiaskan patungnya di masa jaya.

Akhirnya Arnold tidur diluar di bawah patungnya.”

====

Penjelasan:

Akun Twitter M Taufik Zoelkifli (@Emtezet) mengunggah cuitan berupa sebuah foto disertai narasi yang menyebutkan bahwa Arnold Schwarzenegger tidur di luar sebuah hotel di bawah patung bergambar dirinya karena tidak dapat memesan hotel ketika sudah pensiun.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan unggahan lama Arnold Schwarzenegger. Foto itu diunggah melalui akun Instagram pribadi Arnold (@schwarzenegger) pada 16 Januari 2016 dengan narasi singkat “How times have changed. (Betapa waktu telah berubah)”. Adapun lokasi Arnold tertidur mengenakan kantung tidur di bawah patung berwujud dirinya berada di Greater Columbus Convention Center, Ohio, bukan hotel seperti yang disebutkan dalam unggahan tersebut.

Mengutip dari Atlas Obscura, patung Arnold Schwarzenegger yang setinggi 8 kaki itu diresmikan pada tahun 2012 di luar Veterans Memorial Auditorium yang kemudian dipindahkan ke lokasinya saat ini. Sumber dari Ohio Magazine menyebutkan, Arnold meminta seniman membuat patung berwujud dirinya untuk diberikan sebagai hadiah di Arnold Classic, kompetisi binaraga dari Arnold Sports Festival.

Dari berbagai fakta yang telah dijabarkan, cuitan tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

====

Referensi:

https://www.instagram.com/p/BAkk4zFjce-/?utm_source=ig_embed

https://www.atlasobscura.com/places/arnold-schwarzenegger-statue

https://www.ohiomagazine.com/ohio-life/article/arnold-schwarzenegger-statue-columbus

Editor: Dedy Helsyanto