[SALAH] Gambar artikel berjudul “Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu”

Gambar editan. Sumber klaim mencoret kata “Hoaks” dari gambar tangkapan layar artikel yang dimuat oleh Kompas TV pada 14 April 2021 pukul 08.13 WIB. Judul artikel aslinya berbunyi “Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu Hoaks”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Bimo Erland II (fb.com/bimo.erlandii) pada 14 April 2021 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar artikel yang berjudul “Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu”. Di bawah judul artikel itu, terdapat teks tambahan dengan warna merah, ungu, dan biru yang berbunyi “TMII. Kini dijual ke Tiongkok bisa beralih jadi lahan properti dan penghuni nya adalah Cina”.

Akun ini menambahkan narasi “Sudah Pak Harto di fitnah memiliki TMII,Padahal kini di ambil megawati Madam Bansos, trus di jual ke china Astaqfirullah”. pada postingannya.

Sumber : https://archive.ph/CPQhR (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya gambar artikel berjudul “Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu” merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, gambar itu adalah gambar editan. Sumber klaim mencoret kata “Hoaks” dari gambar tangkapan layar artikel yang dimuat oleh Kompas TV pada 14 April 2021 pukul 08.13 WIB. Judul artikel aslinya berbunyi “Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu Hoaks”.

Dilansir dari Tempo, untuk memverifikasi klaim itu, Tempo mula-mula memasukkan judul artikel yang terdapat dalam gambar tangkapan layar tersebut ke kolom pencarian situs Kompas TV. Hasilnya, ditemukan sebuah artikel yang dimuat pada tanggal dan jam yang sama dengan yang terlihat dalam gambar tangkapan layar itu, namun berjudul “Beredar Narasi Megawati Jual TMII ke Tiongkok, Menkominfo Pastikan Itu Hoaks”.

Kesamaan lain adalah foto yang tercantum dalam artikel itu, yang menunjukkan miniatur wilayah Indonesia yang terdapat di TMII. Kalimat di awal artikel tersebut juga sama dengan yang terlihat dalam gambar tangkapan layar, berbunyi “JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara menyatakan mengambil alih pengelolaan Taman Mini”.

Sebelumnya, memang beredar hoaks bahwa Taman Mini diambil alih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan dijual ke Cina. Menurut artikel Kompas TV tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memastikan bahwa narasi itu hoaks. “Klaim bahwa TMII diambil Megawati dan dijual ke Tiongkok, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal tersebut,” kata Kominfo dalam artikelnya.

Artikel itu dimuat oleh Kominfo pada 11 April 2021. Menurut Kominfo, terdapat sebuah unggahan di media sosial yang menyebut: “Sudah pak Harto difitnah memiliki TMII, padahal sekarang diambil si Megawati madam bansos, trus dijual ke Cina astagfirullah”. Narasi ini mengomentari gambar tangkapan layar artikel yang berjudul “Ambil Alih Pengelolaan TMII, Pemerintah Bakal Serahkan ke Pihak Lain.”

Menurut Kominfo, klaim bahwa TMII diambil Megawati dan dijual ke Tiongkok itu tidak berdasar. “Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal tersebut. Judul artikel pada berita tersebut benar adanya, namun narasi pada unggahan sengaja dipelintir dan dapat menggiring opini pembaca sesuai dengan kehendak pembuat informasi,” demikian penjelasan Kominfo.

Sementara itu, dilansir dari artikel berjudul [SALAH] “TMII sekarang diambil si Megawati madam bansos,trus dijual ke Cina”, klaim bahwa TMII diambil Megawati adalah klaim yang menyesatkan. Selain tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu, pada 2021, pengelolaan TMII diambil alih oleh Kemsetneg dan TMII rencananya akan dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

REFERENSI
https://www.kompas.tv/article/164316/beredar-narasi-megawati-jual-tmii-ke-tiongkok-menkominfo-pastikan-itu-hoaks
https://kominfo.go.id/content/detail/33822/disinformasi-tmii-diambil-megawati-dan-dijual-ke-tiongkok/0/laporan_isu_hoaks
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1334/keliru-artikel-yang-sebut-kominfo-pastikan-tmii-dijual-megawati-ke-cina
https://turnbackhoax.id/2021/04/12/salah-tmii-sekarang-diambil-si-megawati-madam-bansostrus-dijual-ke-cina/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo