[SALAH] Slip Gaji Petugas Kebersihan Pertamina Rp13,6 Juta

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Pihak Pertamina telah menegaskan bahwa slip gaji tersebut adalah palsu. Jabatan kebersihan dikelola oleh pihak ketiga, bukan oleh pihak Pertamina langsung. Selain itu, format pemberian slip gaji di Pertamina tidak menggunakan tulisan tangan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.md/pam3m

= = = = =

NARASI:

“panik nggak panik nggak panik lah masa tidak”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook dengan nama pengguna Ajis Bua mengunggah foto hasil tangkapan layar video TikTok yang menunjukkan slip gaji petugas kebersihan Pertamina sebesar Rp13,6 juta. Dalam unggahan tersebut, terlihat slip gaji ditulis tangan dan tertanggal 7 April 2021.

Melansir dari detik.com, SVP Corporate Communication and Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto telah menegaskan bahwa slip gaji tersebut adalah palsu. Agus menyatakan bahwa pekerjaan pendukung di Pertamina, seperti petugas kebersihan, dikelola oleh pihak ketiga, bukan oleh pihak Pertamina langsung. Lebih lanjut, Agus juga menjelaskan bahwa format pemberian slip gaji di Pertamina tidak menggunakan tulisan tangan, diverifikasi oleh pihak berwenang di perusahaan, serta tidak menggunakan logo Pertamina.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama pengguna Ajis Bua tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://finance.detik.com/energi/d-5526617/viral-gaji-petugas-kebersihan-pertamina-rp-13-juta-manajemen-hoax

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2eO3vN-cek-fakta-viral-slip-gaji-petugas-kebersihan-pertamina-rp13-6-juta-begini-faktanya

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian