[SALAH] Foto “Pelangi di Planet Mars”

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk).

Bukan pelangi melainkan pantulan pijar lensa kamera penjelajah.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: FALSE CONTEXT

= = = = =

SUMBER: TWITTER

https://archive.ph/wip/G1bIt= = = = =

NARASI:

“Is this rainbow? Why there’s a rainbow on the Mars?”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah foto yang diklaim merupakan pelangi yang muncul di Planet Mars, foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @Monika dengan narasi yang mempertanyakan kebenaran foto pelangi di Planet Mars tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa foto tersebut memang merupakan gambar daratan di Planet Mars, namun gambar yang membentuk pelangi tersebut bukan merupakan pelangi yang muncul di Planet Mars.

Melalui akun @NasaPerservere di Twitter, NASA memberikan penjelasan pelangi tersebut bukan berasal dari fenomena di Planet Mars.

Siluet serupa pelangi itu merupakan pantulan pijar lensa dari kamera penjelajah.

Menurut penjelasan dari pihak NASA, tidak ada kemungkinan akan kemunculan pelangi di Planet Mars. Pasalnya pelangi tercipta dari pantulan cahaya dari tetesan air, sedangkan di Planet Mars sendiri tidak memiliki cukup air yang membuat keadaan planet mengembun dan terlalu dingin untuk air cair di bagian atmosfer.

Diketahui pula bahwa pelangi akan selalu muncul apabila posisinya berlawanan arah dengan matahari, namun dalam foto tersebut posisi pelangi tidak berlawanan dengan sumber cahaya/matahari sehingga jelas bahwa yang nampak pada foto tersebut bukanlah pelangi.

Dengan demikian informasi yang beredar di Twitter terkait Pelangi di Planet Mars tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang salah.

=====

REFERENSI:

https://www.kompas.tv/article/162424/ramai-bahasan-pelangi-muncul-di-planet-mars-ini-penjelasan-nasa

Keren! Begini Penampakan Pelangi di Mars

Editor : Bentang Febrylian

Penulis : Fachrun Nisa