[SALAH] Foto “Bandara Kertajati Mangkrak Jadi Bengkel Pesawat Juga Service Sepeda Motor”

Foto editan yang menyatukan dua foto berbeda, yaitu foto bagian depan Bandara Kertajati dan foto spanduk bengkel motor. Selain itu, tidak benar bahwa Bandara Kertajati melayani service sepeda motor.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Bambang Kartonadi (fb.com/liberata.lucchesi.39) pada 10 April 2021 mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“Bandara Kertajati Mangkrak Jadi Bengkel Pesawat Juga Service Sepeda Motor ..”

Foto itu memperlihatkan adanya spanduk bengkel pesawat dan helikopter, juga melayani service sepeda motor yang terpasang di Bandara Kertajati, Jawa Barat.

Sumber : https://bit.ly/3dpa8iD (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang diklaim sebagai spanduk bengkel pesawat dan helikopter, juga melayani service sepeda motor yang terpasang di Bandara Kertajati, Jawa Barat merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan menyatukan dua foto berbeda, yaitu foto bagian depan Bandara Kertajati dan foto spanduk bengkel motor. Selain itu, tidak benar bahwa Bandara Kertajati melayani service sepeda motor.

Dilansir dari Kompas, saat ditelusuri, foto bandara merupakan hasil jepretan dari jurnalis Kompas Murti Ali Lingga yang diambil pada 6 Juli 2019, seperti digunakan dalam artikel berjudul “Runway Bandara Kertajati Terbakar, Ini Sejarah Pembangunannya…” yang dimuat di situs Kompas pada 29 September 20219. Dua orang yang berada di sampil mobil membuktikan bahwa foto dalam unggahan itu merupakan foto Kompas.com yang telah diedit dengan membalikkan kedua sisinya.

Sementara itu, foto spanduk ditemukan di artikel berjudul “S3 MARKETING ­­– Inspirasi Sepanduk Bengkel Motor Ini Boleh Untuk Ditiru” yang dimuat di situs satupiston.com pada 26 Juni 2020 dan disebutkan bersumber dari Facebook. Dalam foto itu, spanduk terpasang di sebuah bengkel kecil.

Selain itu, narasi dalam unggahan itu juga tidak benar. Tidak benar bahwa Bandara Kertajati melayani servis motor. Seperti diberitakan Kompas, Presiden Joko Widodo memiliki rencana untuk mengoptimalkan fungsi Bandara Kertajati dengan mengoperasikannya sebagai lokasi Maintenance, Repair, Overhaul (MRO). Rencana tersebut telah dibahas dalam Rapat Terbatas di Istana Negara, Jakarta pada 29 Maret 2021. Rapat tersebut dihadiri pula oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Bandara Kertajati akan difokuskan juga pada MRO sehingga semua pesawat bisa maintenance di sana,” kata Ridwan Kamil.

“Kita tahu juga bisnis bandara itu tidak hanya penumpang, ada juga kargo dan perawatan. Tadi dibahas agar Kertajati bisnis juga pada nonpenumpang, kalau kargo sudah dimulai,” kata Ridwan Kamil. Menurut dia, sudah ada maskapai penerbangan internasional yang berminat membuka MRO di bandara tersebut.

REFERENSI
https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/15/122500765/-hoaks-bandara-kertajati-melayani-jasa-servis-motor
https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/29/134400965/runway-bandara-kertajati-terbakar-ini-sejarah-pembangunannya
https://www.satupiston.com/2020/06/s3-marketing-inspirasi-sepanduk-bengkel.html
https://money.kompas.com/read/2021/03/30/141549026/rencana-baru-jokowi-untuk-bandara-kertajati-buka-bengkel-pesawat

About Adi Syafitrah 1142 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo