[SALAH] Shopee Bagi-bagi Hadiah Sebesar Rp175 Juta

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Pesan singkat palsu. Public Relations Shopee melalui laman Kompas menegaskan bahwa segala bentuk pemberian hadiah hanya diberitakan melalui aplikasi Shopee, akun resmi Instagram shopee_id, akun resmi Twitter @ShopeeID, dan akun resmi Facebook Shopee.

= = = =

KATEGORI: Fabricated content/konten palsu

= = = =

SUMBER:
Layanan pesan singkat (SMS)
https://archive.fo/Kf193

= = = =

NARASI:

PESAN RESMI
No.anda resmi meraih
hadiah ke-2 Rp.175jta
dari PT.SHOPEE
kode pin anda 25f4777
silahkan cocokan
pin anda Klik:
bit[dot]ly/shopeeid75

= = = =

PENJELASAN:

Telah beredar sebuah pesan singkat (SMS) yang berisikan pengumuman pembagian hadiah dari Shopee. Narasi tersebut mengatakan bahwa hadiah yang dibagikan oleh Shopee sebesar Rp175 juta. Dalam tautan yang tercantum dalam SMS menampilkan bukti-bukti pemenang hadiah dari Shopee, yang di dalamnya juga mencantumkan lambang KPK, Kominfo, POLRI, dan Departemen Sosial Republik Indonesia.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Public Relations Shopee melalui laman Kompas mengatakan bahwa pengumuman pemberian hadiah dari Shopee hanya diberitakan melalui aplikasi Shopee, akun resmi Instagram shopee_id, akun resmi Twitter @ShopeeID, dan akun resmi Facebook Shopee. Selain kanal-kanal tersebut, pemberitaan terkait pemberian hadiah dari Shopee merupakan penipuan.

Hasil periksa fakta serupa mengenai Shopee membagikan hadiah sebesar Rp175 juta melalui SMS juga sudah pernah diunggah dalam laman turnbackhoax.id dengan judul [SALAH] Pesan Singkat Pembagian Hadiah Rp175 juta dari Shopee dan [SALAH] Undian Resmi Kantor Shopee Rp175 Juta.

Dengan demikian, narasi dalam SMS yang mengatakan bahwa Shopee membagikan hadiah sebesar Rp175 juta tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori fabricated content atau konten palsu.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://turnbackhoax.id/2020/09/09/salah-pesan-singkat-pembagian-hadiah-rp175-juta-dari-shopee/
  2. https://turnbackhoax.id/2021/01/21/salah-undian-resmi-kantor-shopee-rp175-juta/
  3. https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/09/172523865/hoaks-pesan-singkat-hadiah-rp-175-juta-dari-shopee?page=all
  4. https://www.kominfo.go.id/content/detail/29288/hoaks-pesan-singkat-hadiah-rp-175-juta-dari-shopee/0/laporan_isu_hoaks

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian