[SALAH] Surat Panggilan Wawancara Seleksi Karyawan PT Angkasa Pura II April 2021

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Surat palsu. Faktanya, pihak PT Angkasa Pura II mengonfirmasi bahwa saat ini belum dibuka kembali lowongan pekerjaan. Informasi lowongan pekerjaan dapat diakses melalui situs resmi PT Angkasa Pura II di http://angkasapura2.co.id pada konten informasi karir.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: Pesan berantai

====

Narasi:

“Berdasarkan hasil evaluasi tim seleksi terhadap lamaran kerja Saudara yang kami terima, dengan Ini kami sampaikan bahwa berkas lamaran Saudara memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Sehingga Saudara dapat mengikuti tes seleksi calon Karyawan(i) PT Angkasa Pura II (Persero)Untuk dapat mengikuti seleksi ini Saudara diwajibkan membawa KTP / SIM (Kartu indentitas di5i asli) Serta Surat Panggilan Tes yang sudah di kirim via E-mail ke masing-masing peserta (Surat Mohon di Print).”
[…]
(Narasi dilanjutkan setelah bagian referensi)

====
Penjelasan:
Telah beredar surat panggilan wawancara seleksi karyawan yang mengatasnamakan PT Angkasa Pura II. Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa penerima surat dapat mengikuti tes seleksi calon karyawan dengan memenuhi berbagai syarat dan ketentuan. Calon karyawan yang mengikuti seleksi tersebut juga akan mendapat fasilitas dari PT Angkasa Pura II (Persero) berupa biaya transportasi dan akomodasi dengan sistem reimburse.

Berdasarkan hasil penelusuran, PT Angkasa Pura II melalui akun Twitter resmi Contact Center AP II (@contactap2) memastikan bahwa saat ini pihaknya belum membuka kembali lowongan pekerjaan. Informasi lowongan pekerjaan dapat diakses melalui situs resmi http://angkasapura2.co.id pada konten informasi karir. Selain itu, PT Angkasa Pura II juga tidak pernah memungut biaya kepada calon peserta dalam proses perekrutan dan meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan PT Angkasa Pura II.

Informasi palsu seputar lowongan pekerjaan PT Angkasa Pura II sebelumnya pernah dibahas dalam beberapa artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] Lowongan Kerja PT Angkasa Pura II (Persero) untuk 19 Posisi dan [SALAH] Surat Panggilan Wawancara Kerja Oleh PT Angkasa Pura II Juni 2020.

Dari berbagai fakta yang telah dijabarkan, surat yang mengatasnamakan PT Angkasa Pura II itu dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu.

====

Referensi:

====

(Lanjutan narasi)
[…]

“Peserta yang namanya terdaftar diharapkan untuk mengikuti pengarahan yang akan diselenggarakan pada :
Hari/Tgl : Jumat. 16. April. 2021
Waktu: Pkl 08.30 WIB
Tempat : Ruang Rapat Lantai VII
Alamat Kantor PT Angkasa Pura II (Persero)
Alamat: Bandara Internasional Jakarta Soekarno-Hatta Gedung 600, Tangerang,Banten 19120
Peserta diharapkan hadir tepat waktu dan membawa berkas-berkas kelengkapan administrasi yang diminta (terlampir).
Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Calon Karyawan yang mengikuti tahapan tersebut diatas akan mendapat fasilitas dari PT Angkasa Pura II (Persero) berupa biaya transportasi dan akomodasi (penginapan dan konsumsi), dimana dalam pelaksanaannya menggunakan metode penggantian yaitu: Biaya Transportasi dan Akomodasi tersebut untuk sementara ditalangi atau menjadi beban sementara pada Calon Karyawan(i) dan akan mendapat penggantian biaya tersebut di atas oleh pihak PT Angkasa Pura II (Persero). Penggantian biaya tersebut akan dilaksanakan sebelum kegiatan tersebut di mulai dan hal ini berlaku untuk semua peserta/Calon Karyawan(i) Yang mengikuti Tahapan Seleksi ini (Lampiran: Prosedur Penggantian Dana Transportasi.)

Editor: Bentang Febrylian