[SALAH] Ritual Kaparot Dilakukan dengan Proses Menyemburkan Tahi Ayam

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).
Informasi palsu. Tidak ada bagian penyemburan tahi ayam selama prosesi Kaparot berlangsung. Ritual Kaparot dilakukan dengan cara mengayunkan ayam hidup sebanyak tiga kali di atas kepala, ayam betina untuk wanita dan ayam jantan untuk laki-laki. Setelah diayunkan, ayam tersebut kemudian disembelih dan dibagikan kepada orang-orang miskin.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

====

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/woICF

====

NARASI:
“Ritual KAPAROT ritual penyerapan dosa ala rabi yahudi dengan prosesi dicroti TAI AYAM,,orang yahudi mempercayai kalau dicroti Tai dosanya pindah ke empunya TAI,,kalau dicroti TAI AYAM maka dosanya pindah ke AYAM.”

*video berdurasi 56 detik bersumber dari channel YouTube AP Archive berjudul “Israel – Yom Kippur ritual: Kaparot”

====

PENJELASAN:
Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama “Aries Ikawati Arifah” di grup INDONESIA BERSUARA. Dalam postingannya tersebut memperlihatkan video prosesi upacara Kaparot. Upacara Kaparot adalah tradisi ritual keagamaan umat Yahudi yang dilakukan sebelum Yom Kippur (Hari Penebusan). Postingan video dari Aries ditambahkan pula narasi bahwa upacara Yom Kippur dilakukan dengan cara menyemburkan tahi ayam, dengan penyemburan tahi ayam dipercaya dosa manusia tersebut akan berpindah ke ayam.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, diketahui bahwa selama prosesi upacara Kaparot berlangsung, tidak ada sesi penyemburan tahi ayam. Proses sesungguhnya yakni, seekor ayam diputar di atas kepala selama 3 kali putaran. Selama putaran berlangsung, ayam sama sekali tidak mengeluarkan tahi. Setelah itu, ayam yang digunakan sebagai ritual tersebut disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat miskin untuk dimakan.

Kapparot secara kebahasaan berarti “penebusan”. Ritual yang telah berusia berabad-abad ini masih dilakukan setiap tahun oleh umat Yahudi Ortodoks sebelum perayaan Yom Kippur atau disebut Hari Penebusan. Ritual Kaparot secara simbolis dilakukan untuk mentransfer dosa seseorang ke seekor ayam. Meski begitu sebagian Rabbi Yahudi menentang tradisi ini karena mengandung ritual paganisme dan perlakuan kekerasan terhadap hewan.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa, klaim Aries Ikawati Arifah bahwa ritual Kaparot dilakukan dengan menyemburkan tahi ayam adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

====

REFERENSI:
https://www.chabad.org/library/article_cdo/aid/989585/jewish/Kaparot.htm#q4


https://www.myjewishlearning.com/article/kaparot/


https://www.jewishvirtuallibrary.org/the-custom-of-kapparot-in-the-jewish-tradition

====
Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian