[SALAH] Tautan Hadiah Grab untuk Rayakan Ulang Tahun Perusahaan

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Tautan tersebut adalah palsu. Tidak ada informasi apapun mengenai undian hadiah di situs resmi maupun media sosial resmi Grab. Lebih lanjut, tautan hadiah tersebut serupa dengan beberapa tautan lain yang mengatasnamakan Telkomsel, Matahari Department Store, dan Alfamart.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:
“Hari jadi perusahaan ke-9
Setiap orang bisa mendapatkan hadiah gratis”

“Perayaan ulang tahun ke-60
Banyak hadiah yang sangat indah, serta lebih dari 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler
Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar.
Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah tautan melalui pesan WhatsApp mengenai pembagian hadiah oleh Grab dalam rangka memperingati ulang tahun perusahaan. Ketika tautan tersebut diakses, maka akan muncul sebuah pesan yang menyatakan bahwa pengguna memiliki tiga kali kesempatan untuk memilih kotak yang benar dan memenangkan hadiah berupa jam tangan pintar serta telepon genggam.

Berdasarkan hasil penelusuran, tautan tersebut adalah palsu. Tidak ada informasi apapun mengenai undian hadiah di situs resmi maupun media sosial resmi Grab. Dalam pesan yang beredar di WhatsApp, disebutkan bahwa Grab membagikan hadiah dalam rangka memperingati ulang tahun perusahaan ke-9, namun ketika tautan tersebut diakses, usia perusahaan yang tertera adalah 60 tahun, bukan 9 tahun.

Tautan hadiah tersebut serupa dengan beberapa tautan lain yang mengatasnamakan Telkomsel, Matahari Department Store, dan Alfamart. Ketiga artikel dengan topik serupa telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id.

Dengan demikian, tautan yang beredar melalui pesan WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2021/04/01/salah-matahari-bagikan-hadiah-untuk-rayakan-pembukaan-toko-ke-200/

https://turnbackhoax.id/2021/04/04/salah-telkomsel-bagikan-hadiah-untuk-rayakan-hut-ke-60/

https://turnbackhoax.id/2021/04/11/salah-rayakan-pembukaan-toko-ke-1000-alfamart-bagikan-berbagai-hadiah-gratis/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/akWLO6LK-cek-fakta-link-grab-rayakan-ulang-tahun-ke-60-berhadiah-ribuan-jam-tangan-pintar-ini-faktanya

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian