[SALAH] Aplikasi ‘FlixOnline’ Menawarkan Akses Netflix Gratis Selama 2 Bulan

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro)

Aplikasi tersebut adalah palsu. Berdasarkan hasil riset perusahaan software keamanan Check Point, aplikasi ‘FlixOnline’ berisi malware yang berpotensi mencuri data pribadi pengguna serta memantau pesan-pesan di WhatsApp.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah iklan aplikasi ‘FlixOnline’ melalui pesan WhatsApp. Iklan tersebut menyatakan bahwa aplikasi tersebut akan memberikan akses Netflix gratis selama dua bulan kepada pengguna. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dan menyambungkannya dengan akun Netflix.

Berdasarkan hasil penelusuran, aplikasi tersebut adalah palsu. Berdasarkan hasil riset perusahaan software keamanan Check Point, aplikasi ‘FlixOnline’ berisi malware yang berpotensi mencuri data pribadi pengguna serta memantau pesan-pesan di WhatsApp. Dalam hasil riset yang dipublikasikan di situs resminya, pihak Check Point menyatakan bahwa setelah mengunduh aplikasi ‘FlixOnline’ di Play Store, pengguna akan diminta untuk menyambungkan aplikasi tersebut dengan akun Netflix pengguna.

Setelah pengguna menyambungkan aplikasi, malware yang dimuat oleh ‘FlixOnline’ akan bekerja untuk mencuri data pribadi pengguna, mengakses pesan WhatsApp, bahkan menyebarkan malware ke gawai lain dengan cara mengirimkan pesan WhatsApp berisi tautan aplikasi tersebut ke orang lain tanpa sepengetahuan pengguna. Pihak Check Point sudah menghubungi Play Store dan kini aplikasi ‘FlixOnline’ telah dihapus. Namun, tercatat sudah ada 500 orang yang mengunduh aplikasi tersebut.

Dengan demikian, aplikasi ‘FlixOnline’ tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://research.checkpoint.com/2021/new-wormable-android-malware-spreads-by-creating-auto-replies-to-messages-in-whatsapp/

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210408182124-37-236375/waspada-netflix-palsu-menjamur-janjikan-konten-free-2-bulan

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian