[SALAH] Judul Berita Reqnews “Xanana Gusmao Membantu Korban Bencana di NTT”

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Judul tersebut tidak sesuai dengan narasi berita yang disampaikan dalam laman berita Reqnews. Mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao memanglah membantu korban banjir. Namun, tindakan tersebut TIDAK dilakukan di NTT, melainkan di Dili, Timor Leste.

= = = =

KATEGORI: False connection/Koneksi yang Salah

= = = =

SUMBER:
Laman Berita Reqnews
https://archive.fo/kxgWq

= = = =

NARASI:
“Aksi Xanana Gusmao Bantu Korban Bencana NTT Viral, Ini yang dilakukannya.”

= = = =

PENJELASAN:

Pada tanggal 9 April 2021 laman berita Reqnews memuat narasi Xanana Gusmao membantu korban bencana. Judul yang disematkan dalam narasi tersebut mengatakan bahwa Xanana Gusmao membantu korban bencana NTT.

Berdasarkan hasil penelusuran, judul tersebut tidak sesuai dengan isi narasi dalam laman berita tersebut. Isi narasi berita tersebut menunjukkan bahwa Xanana Gusmao membantu korban banjir di Dili, Timor Leste. Hal ini kemudian diperkuat dengan narasi berita yang dimuat dalam Liputan6 dan Tribun Jateng yang sama-sama mengatakan bahwa Xanana Gusmao membantu korban banjir di Dili, bukan di NTT.

Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa judul berita Reqnews tidak sesuai dengan isi narasi berita dan masuk ke dalam kategori false connection atau koneksi yang salah.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.google.com/amp/s/jateng.tribunnews.com/amp/2021/04/09/mantan-presiden-timor-leste-xanana-gusmao-angkat-kardus-bantu-korban-banjir-di-dili-fotonya-viral
  2. https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/4527812/mantan-presiden-timor-leste-xanana-gusmao-pikul-kardus-berisi-makanan-untuk-korban-banjir

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian