[SALAH] Potongan Video Banjir di Nusa Tenggara Timur

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, video tersebut merupakan potongan video pengendara motor yang hanyut terbawa arus banjir di Kota Cimahi pada 21 April 2020.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.md/gQY2i

====

Narasi:

“#PRAYFORNTT..
Badai Angin Hujan dan Banjir di berbagai wilayah NTT.
.
.
.
.
Gawat.. Melawan sunatullah si bapak nya..🙄
🎥”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Desthen #01 (@Anak_Termanu) membuat utas yang berisi beberapa potongan video banjir yang terjadi di berbagai wilayah NTT. Terdapat salah satu video dalam utas tersebut yang menampilkan seorang pengendara motor hanyut terbawa arus banjir.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukanlah peristiwa yang terjadi saat bencana banjir di NTT tahun 2021. Ditemukan video yang sama diunggah oleh kanal YouTube KOMPASTV pada 21 April 2020. Dalam keterangannya, video tersebut direkam saat seorang pengendara motor hanyut terbawa derasnya arus banjir, di Jalan Mahatma Negara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Korban yang diketahui bernama Iwan Alamsyah (35) ditemukan tewas setelah terseret sejauh 300 meter dari lokasi kejadian.

Dari berbagai faktanya yang telah dijabarkan, unggahan akun Twitter Desthen #01 (@Anak_Termanu) dapat dikategorikan sebagai konten yang salah.

====

Referensi:

https://news.detik.com/video/200421012/terobos-jalan-banjir-di-cimahi-biker-tewas-terseret-arus

Editor: Bentang Febrylian