[SALAH] Telkomsel Bagikan Hadiah untuk Rayakan HUT Ke-60

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Melalui akun media sosial resminya, pihak Telkomsel telah menegaskan bahwa tautan tersebut adalah palsu. Segala informasi mengenai Telkomsel hanya akan disebarkan melalui situs resmi www.telkomsel.com, call center 188, serta akun media sosial resmi Telkomsel.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Perayaan ulang tahun ke-60
Semua orang berkesempatan mendapatkan hadiah
Banyak hadiah menarik, seperti lebih dari 1000 buah jam tangan pintar dan telepon genggam
Anda hanya perlu memilih kotak yang tepat.
Anda memiliki 3 kesempatan, semoga beruntung!”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah tautan di WhatsApp mengenai pembagian hadiah oleh Telkomsel dalam rangka ulang tahun ke-60. Ketika tautan tersebut diakses, maka akan muncul sebuah pesan yang menyatakan bahwa pengguna memiliki tiga kali kesempatan untuk memilih kotak yang benar dan memenangkan hadiah berupa jam tangan pintar serta telepon genggam.

Melalui akun media sosial resminya, pihak Telkomsel telah menegaskan bahwa tautan tersebut adalah palsu. Segala informasi mengenai Telkomsel hanya akan disebarkan melalui situs resmi www.telkomsel.com, call center 188, serta akun media sosial resmi Telkomsel. Lebih lanjut, Telkomsel baru saja merayakan ulang tahun ke-25 pada tahun 2020 lalu, sehingga pada tahun ini, Telkomsel baru akan berusia 26 tahun, bukan 60 tahun.

Tautan serupa juga pernah beredar dengan mengatasnamakan Matahari Department Store dan telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Matahari Bagikan Hadiah untuk Rayakan Pembukaan Toko ke-200”.

Dengan demikian, tautan yang beredar melalui pesan WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.facebook.com/telkomsel/photos/a.207315509323231/4095960353792041

https://www.telkomsel.com/en/hut25telkomsel

https://turnbackhoax.id/2021/04/01/salah-matahari-bagikan-hadiah-untuk-rayakan-pembukaan-toko-ke-200/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/1bV2R02b-cek-fakta-beredar-link-berhadiah-lebih-dari-1000-jam-tangan-pintar-terkait-perayaan-ulang-tahun-ke-60-telkomsel-ini-faktanya

https://www.liputan6.com/tekno/read/4522665/telkomsel-jangan-klik-tautan-penipuan-berkedok-ulang-tahun-ke-60-berhadiah-1000-smartwatch

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian