[SALAH] Matahari Bagikan Hadiah untuk Rayakan Pembukaan Toko ke-200

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, Matahari Department Store membantah adanya undian berhadiah yang dibagikan melalui WhatsApp.

Selengkapntya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: WhatsApp

====

Narasi:

“Celebrating the opening of the 200th store

Win free gifts, Good luck

https : //dhjsmy[dot]vip/lucky/id-matahari-bx/?t=1617176585316”

====

Penjelasan:

Telah beredar pesan berantai melalui WhatsApp berisi informasi dan tautan terkait program undian berhadiah yang diadakan Matahari Department Store dalam rangka merayakan pembukaan toko yang ke-200. Setelah tautan tersebut dibuka, calon penerima hadiah diminta untuk mengikuti petunjuk yang ada pada laman undian berhadiah Matahari.

Berdasarkan hasil penelusuran, tautan tersebut bukanlah tautan situs resmi yang diluncurkan oleh Matahari Department Store. Melalui unggahan di akun Instagram resmi Matahari Department Store (@matahari), pihaknya membantah adanya program undian berhadiah tersebut. Selain itu, masyarakat diminta untuk menghubungi nomor HALO MATAHARI di 1500838 untuk informasi lebih lanjut. Informasi resmi terkait promo yang diadakan Matahari Department Store dapat diakses melalui situs matahari.com.

Sebagai tambahan, tautan palsu itu dibuat 8 bulan yang lalu dengan informasi pembuatnya disembunyikan dan peladennya berasal dari Amerika Serikat.

Dari berbagai fakta di atas, pesan berantai terkait yang disebarkan melalui WhatsApp itu dapat dikategorikan sebagai konten palsu.

====

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CNEe5GzJQqR/

https://www.matahari.com/promo

https://domainbigdata.com/dhjsmy.vip

Editor: Bentang Febrylian