[SALAH] Pemblokiran Jalan di WKO Jelang Putusan MK

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk).

Salah, bukan pemblokiran jalan jelang putusan MK melainkan pohon tumbang.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: FALSE CONTEXT

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/wip/MmntZ

= = = = =

NARASI:

“Ada pemblokiran jalan d WKO menjelang putusan MK, lokasi ini di depan rumah salah seorang politisi pendukung JOS. Bagi pengendara roda dua dan empat agar bisa berhati-hati dijalanan sebab situasi so mulai blokir-blokir nih ­čśé”

= = = = =

PENJELASAN:

Telah beredar di media sosial sebuah foto yang menampilkan beberapa pohon tumbang ke jalan raya, dengan narasi bahwa pohon tersebut sengaja ditumbangkan guna memblokir jalan tersebut yang berlokasi di WKO. Foto tersebut diunggah oleh akun Isran Syukur.

Dilansir dari Kumparan.com, Kapolres Halmahera Utara, AKBP Priyo Utomo mengonfirmasi bahwa insiden dalam foto tersebut adalah pohon tumbang. Ia menegaskan pohon tumbang itu tak ada hubungannya dengan peristiwa politik.

Sementara itu, Tim Pemenangan Pasangan calon Joel S. Wogono-Said Bajak (JOS), Irfan Soekoenay juga menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar dan tidak ada kaitan dengan masalah politik menjelang putusan MK.

Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook terkait pemblokiran jalan di WKO tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang salah.

=====

REFERENSI:

https://m.kumparan.com/ceritamalukuutara/sebar-hoaks-pemalangan-jalan-seorang-dosen-di-maluku-utara-dipanggil-polisi-1vIMlsAGxw1/full

https://kominfo.go.id/content/detail/33114/disinformasi-penutupan-jalan-di-wko-menjelang-putusan-mk/0/laporan_isu_hoaks

Penulis : Fachrun Nisa

Editor : Bentang Febrylian